Jadi youtuber apakah digaji ? - itu yang sering ditanyakan oleh orang yang tertarik dengan youtube dan baru ingin berniat memulainya, saya yakin ketika anda membaca artikel postingan ini setidaknya anda sudah tau dan paham apa itu youtuber, jika harus di uraikan kembali youtuber adalah netter atau pengguna internet yang gemar mengupload video di situs youtube, alasanya karena kita bisa mengupload video sebanyak-banyaknya secara gratis.

Belakangan memang santer terdengar banyak yang menjadi youtuber tentunya dengan berbagai tujuan, ntah karena ingin terkenal, hanya hoby ataupun karena ingin mendapatkan penghasilan, namun ternyata jika youtuber dikaitkan dengan penghasilan masih banyak orang yang belum mengetahuinya.

mendapatkan uang dari youtube


Ada banyak orang di luaran sana tertarik ingin terjun menjadi youtuber, karena pernah mendengar youtuber bisa menghasilkan uang, sayangnya masih banyak dari mereka masih merasa ragu tentang kebenaran bahwa menjadi seorang youtuber bisa dibayar.

Jika saja mereka tau saya yakin mereka akan berlomba-lomba untuk meraup keuntungan dari youtuber,saya katakana memang benar sekali dengan menjadi seorang youtuber anda bisa mendapatkan gaji.
Jadi jangan heran jika saat ini anda banyak melihat para artis dan juga warga masyaratkat pada umumnya berusaha untuk menjadi youtuber karena memang dengan menjadi youtuber anda bisa mendapatkan uang secara online.

Lantas bagaimana youtube membayar kita ?

Anda mungkin bertanya, bagaimana cara youtube membayar kita atau siapa yang membayar  kita apakah youtube dalam hal ini google, ataukah ada pihak ke 3.

Perlu anda ketahui bahwa salah satu peluang untuk mendapatkan penghasilan dari youtube adalah dengan bekerjasama dengan media periklanan google adsense, sebuah media periklanan professional dan popular milik sang empunya youtube itu sendiri yaitu perusahaan raksasa google.

Jika video yang sering anda upload tidak menyalahi kebijakan youtube dan google, serta chanel youtube anda sudah mendapatkan 10.000 view maka video anda bisa dimonetisasi agar meghasilkan uang.

Caranya yaitu melalui kerjasama dengan media periklanan google adsense untuk video youtube, sehingga setiap video yang anda upload ketika ditonton oleh pengunjung youtube, maka di video tersebut akan muncul iklan, baik iklan dalam bentuk video maupun iklan baner yang sering muncul di sela-sela video ketika ditonton.

Jadi jangan heran ketika anda sendiri menonton video youtube, tiba-tiba anda melihat iklan dalam bentuk video atau iklan yang muncul di sela-sela video ketika anda putar, itu artinya video yang anda tonton sudah dimonetisasi oleh si empunya video tersebut, ya tujuannya jelas si empunya ingin mendapatkan penghasilan dari video yang mereka upload.

Penghasilan dari si video youtube biasanya sangat tergantung dari banyaknya pemirsa yang menonton video (viewer),  Pemilik video akan mendapatkan komisi dari pihak google apabila terjadi hal-hal berikut:
  • Ketika pemirsa anda menonton iklan dalam bentuk video yang muncul pada saat video diputar
  • Ketika pemirsa video anda ada yang melakukan klik pada iklan banner yang tayang pada saat video ditonton, (anda dibayar perklik iklan)
  • Setiap kali video mendapatkan penonton sebanyak 1.000 (bayarannya setiap 1000 view biasanya bermacam-macam, hanya google yang tau) dengan kata lain anda akan dibayar per viewer vidie.
Bayarannya disesuaikan dengan jenis iklan yang mendapatkan aksi dari pengunjung, ada yang dibayar perklik iklan, per nonton iklan dan perview video youtube.

Terus bagaimana cara kita mengambil uang dari pendapatan youtube?

Ini juga sering ditanyakan oleh si pemula yang baru terjun ke youtube. untuk mengambil uang dari youtube pernah saya bahas di artikel sebelumnya tentang cara mencaikan uang dari penghasilan youtube, anda bisa baca jika ingin informasi detail.

Namun secara singkat, anda harus mengaitkan akun youtube anda dengan google adsense, video youtube adalah media untuk monetisasinya (penghasil uang), sedangkan akun adsense salah satunya berfungsi untuk mengelola penghasilan dari akun youtube anda.

Penghasilan dari video youtube anda, biasanya setiap pertengahan bulan akan tercatat di akun adsense, anda baru bisa mencairkan penghasilan youtube anda jika saldo pendapatan sudah mencapati minimal 100$.

Untuk youtuber indonesia, ada beberapa macam metode pencairan, yaitu:
  • Melalui western union /WU (baca: cara mencairkan penghasilan adsense mellui western union)
  • Melalui transfer bank.

Di akun adsense anda akan mendapatkan informasi yang dapat menuntun anda untuk memilih metode pencairan yang anda inginkan, bisa melalui western union atau melalui transfer bank local, sayangnya untuk akun adsense terbaru hanya bisa melakukan pencairan melalui transfer ke bank local.

Berapa penghasilan dari youtube yang bisa kita dapatkan ?

Untuk penghasilan tentunya akan sangat beragam, tergantung seberapa popular video youtube yang kita upload, semakin popular maka kemungkinan besar akan semakin baik. Bahkan ada yang berpenghasilan sampai ratusan ribu dolar dalam 1 bulan.

Biasanya penghasilan youtube yang akan kita dapatkan akan sangat tergantung sekali dengan viewer (penonton) dan jumlah penonton yang paling potensial akan sangat ditentukan oleh jumlah subscriber (pelanggan), semakin banyak pelanggan maka biasanya video akan semakin cepat popular, karena setiap kali anda mengupload video baru, akan muncul notifikasi ke email subscriber video youtube anda, sehingga potensi video tersebut ditonton akan semakin baik.

Jadi tugas anda jika ingin menjadi seorang youtuber anda harus punya strategi cara membuat video yang akan banyak diminati serta memiliki trik untuk mendapatkan subscriber sebanyak-banyaknya. Jika anda sanggup memiliki subriber puluhan ribu saja, anda  dapat dipastikan sudah bisa gajian dari youtube tiap bulan.

Info dari beberapa youtuber untuk penghasilan youtuber 2017 ini, mereka menyebutkan bahwa dari 100.000 view saja penghasilan mereka ada yang bisa mencapai 100$, namun itu tentu saja tergantung dari jenis iklan si pengiklan yang bekerja sama dengan media periklanan google.

Penghasilan tidak akan selamanya 100$, mungkin saja bisa lebih atau malahan bisa kurang, tergantung jenis iklannya dan juga nilai tawaran iklan dari si pengiklan, jika saja iklan yang sering muncul di video kita kebetulan iklan perusahaan besar,  mungkin saja bayarannya mahal dan bukan tidak mungkin pendapatan kita juga akan semakin tinggi.
Tag : AdSense, Youtube

0 Komentar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik artikel diatas, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P0RN0GRAFI, 0BAT, H4CK dan JUD! akan dihapus secara otomatis.