jaman sekarang banyak sekali jasa yang menawarkan pengiriman dan penerimaan uang, yang paling sering biasanya menggunakan bank, dengan cara transfer uang melalui rekening bank, tapi sayangnya untuk beberapa kasus bank juga memiliki banyak keterbatasan, artinya tidak semua pengiriman atau penerimaan uang bisa dilakukan melalui bank, terkadang lokasi tidak memungkinakan untuk mengirim/menerima uang melalui bank, selain itu belum tentu yang berperan sebagai penerima atau pengirim memiliki rekening bank.

Salah satu yang bisa digunakan selain melalui rekening bank adalah melalui wesel, wesel dulu mungkin sangat terkenal dan paling banyak digunakan untuk mengirim maupun menerima uang, namun di era perbankan peran wesel sudah tergantikan dengan adanya bank. wesel seperti halnya mengirim surat di kantor pos, namun yang dikirmkan uang. Tapi wesel pun sepertinya punya banyak keterbatasan, wesel hanya terbatas untuk memfasilitasi mengirim/menerima uang antar kota atau provinsi saja yang belum terjangkau oleh bank.

Kita ketahui bersama pengiriman dan penerimaan uang terkadang bukan hanya terjadi antar kota di satu negara saja, namun bisa juga terjadi antar kota di  negara berbeda, tentu kita tidak bisa menggunakan wesel, bahkan rekening bank pun terkadang tidak bisa dilakukan, tapi untungnya seiring dengan perkembangan informasi, ada jasa khsus yang dapat digunakan untuk mengirim/menerima uang antar negara dari luar negeri, salah satunya adalah western union.

Cara menerima uang dari western union

Western union atau disingkat dengan WU adalah jasa pengiriman/penerimaan uang untuk skala global sama halnya wesel namun skalanya international, dengan WU anda bisa mengirim uang kenegera lain yang dituju.

Pengiriman uang maupun penerimaan uang melalui WU dirasa sangat mudah, apalagi saat ini di berbagai kota sudah banyak sekali tersedia agen-agen WU yang bisa kita pilih, seperti misalnya kantor pos, indomaret alfamaret dan agen western union lainnya.

Dengan adanya Western union, banyak orang yang memilih alternatif ini untuk kirim uang atau terima uang ke dan dari luar negeri tanpa harus merasa takut tidak sampai karena wu dikelola oleh profesional dibidangya dan bisa dipertanggung jawabkan.

Cara ambil / terima uang melalui Western Union (WU) di Kantor Pos

Berdasarkan pengalaman saya sendiri ketika mencairkan pendapatan dari internet, menerima atau mengambil uang melalui western union sebenarnya sangatlah mudah, apalagi saat ini banyak agen western union yang bertebaran di berbagai kota yang bisa anda gunakan untuk mengambil uang western union, salah satu yang terpercaya adalah kantor pos. Tapi sayangnya ternyata masih banyak orang yang belum tau bagaimana langkah-langkah cara mengambil uang dari WU.

Walaupun banyak agen WU yang bisa anda pilih, namun untuk mencaikran uang western union agar tidak terkena biaya lebih baik pilih kantor pos, selain bebas biaya kantor pos sangat dipercaya.
 
Di artikel kali ini saya akan coba memberikan informasi bagaimana cara mengambil atau terima uang melalui western union di kantor pos. khusus untuk anda yang belum tau saja dan masih pemula. sebagai berikut:

A. Syarat yang harus dipersiapkan:

Untuk mengambil uang western union di kantor pos syarat-syarat yang harus anda persiapkan adalah sebagai berikut:

1. Fotocopy dan asli ktp 1 lembar
KTP harus sesuai dengan data penerima yang dicatat oleh si pengirim western union.

2. Tidak boleh diwakilkan
Jika anda tercatat sebagai penerima dana, maka anda yang harus mengambil uang tersebut, kalo tidak biasanya akan ditolak oleh petugas POS.

3. Siapkan PIN atau kode MTCN
Untuk menerima dana lewat western union anda harus memiliki PIN atau MTCN, jadi pastikan anda sudah meminta PIN Western union dari si pengirim lalu catat dalam selembar keretas (penting, awas jangan sampai salah catat).

 B. Langkah-langkah mencairkan dana melalui western union

1. Pergi menuju kantor pos, pilih hari senin sampai dengan hari sabtu, hari sabtu biasanya sampai jam 12.

2. Ambil form Western union untuk pengambilan uang, biasanya berwarna kuning. jika anda tidak tau anda bisa minta bantuan satpam atau bertanya ke petugas kantor pos untuk meminta form pengambilan western union, bentuknya kurang lebih seperti gambar di bawah ini:

Contoh formulir pengambilan uang western union

Silahkan anda isi, biasanya anda akan diminta mengisi biodata nama lengkap, tanggal lahir, alamat, pengirim dan tanda tangan, silahkan ikuti saja petunjuk pengisian, di kantor pos biasanya suka ada petunjuk pengisian yang ditempel di meja tempat mengisi formulir.

3.  Setelah formulir diisi, siapkan perlengkapan pencairan dana yang meliputi:
  • KTP Asli, 
  • fotocopy KTP 1 lembar dan 
  • Formulir penerimaan WU yang sudah diisi.
  • Nomor MTCN atau PIN
4. Menuju Teller atau petugas kantor pos, silahkan antri dan tunggu. lalu jika ditanya jawab saja, ingin mencairkan dana western union, petugas akan meminta berkas di atas, silahkan anda serahkan kecuali PIN. terakhir petugas akan meminta PIN atau kode MTCN, baru silahkan silahkan anda serahkan atau ketik oleh sendiri.

5. Tunggu untuk di proses, jika biodata KTP dan juga data penerima yang tercatat di western union sama, selanjutnya anda akan diminta untuk cap jari dan tanda tangan pencairan, silahkan ikuti, dalam waktu tidak lama  dana western union anda pun akan cair.

Biaya pencairan dana di kantor pos adalah gratis, jadi anda tidak akan dipungut biaya sepeserpun, jika ada kemungkinan ilegal.

Demikian tentang cara mudah mengambil atau menerima uang western union/ wu di kantor pos, semoga informasi di atas cukup membantu.


0 Komentar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik artikel diatas, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P0RN0GRAFI, 0BAT, H4CK dan JUD! akan dihapus secara otomatis.