Ada banyak sekali blogger yang mengalami kejadian iklan google adsense yang terpasang pada halaman blognya statusnya berubah dari baru menjadi siaga terutama untuk blogger yang sedang melalui proses review 2 google adsense, banyak para blogger yang bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi dan apa yang menjadi penyebabnya?

Google Adsense memang sampai saat ini menjadi primadona media periklanan yang terbukti bisa membawa setiap publishernya menjadi orang kaya dadakan, sayangnya untuk menjadi publisher google adsense tidaklah semudah membalikan telapak tangan, ada proses dan tahapan-tahapan yang harus ditempuh, dan prosesnyapun tidak secepat yang kita bayangkan, rata-rata untuk diterima menjadi publisher google adsense biasanya akan memakan waktu 1 minggu hingga lebih dari 1 bulan lamanya.

kenapa status adsense berubah dari baru menjadi siaga


Proses pendaftaran adsense memang melalui 2 kali proses review, yaitu review 1 dan review 2. Proses Review 1 adalah peninjauan yang biasanya diawali dengan pemeriksaan oleh robot google untuk menilai kelayakan sebuah blog yang didaftarkan, sedangkan review 2 adalah meninjau kesesuaian iklan yang terpasang di blog, pada review 2 biasanya blogger sudah bisa mengakses akun adsense dan biasanya akan diminta untuk membuat kode unit iklan adsense untuk dipasang pada halaman situs atau halaman blognya.

Proses review 2 ini adalah proses yang paling menentukan diterima atau ditolak menjadi publisher google adsense, jika blog tidak menyalahi kebijakan google adsense dan faktor-faktor penentu lainnya dianggap memadai maka review 2 akan dinyatakan lolos (full approve) dan anda berhasil menjadi publisher google adsense. jika tidak maka kemungkinan besar akan terjadi penolakan. Tapi sayangnya pada proses review 2 ini banyak sekali yang mengalami kendala, salah satunya adalah perubahan status iklan yang dipasang pada blognya dari baru menjadi siaga.

3 Penyebab kenapa status adsense berubah menjadi SIAGA (iddle)?

Ada banyak sekali kejadian yang mungkin akan dialami oleh para calon publisher ketika masa review 2 ini, ada yang harus menunggu berminggu-minggu tanpa keputusan, dan ada juga yang dikejutkan dengan status iklan di akun adsense yang statusnya berubah dari baru menjadi "SIAGA", memang pada dasarnya setiap unit  iklan yang dipasang pada halaman blog ketika masa review 2 awalnya akan berstatus baru, kemudian sering waktu statusnya bisa berubah menjadi Siaga atau aktif. Status baru artinya iklan masih baru dan masih dalam proses penyesuaian dengan konten blog sedangkan jika statusnya aktif itu artinya iklan dapat berjalan dengan baik pada blognya.

Tapi bisa saja status iklan menjadi Siaga, yang yang sebenarnya terjadi, untuk menjawab beberapa pertanyaan dari para blogger yang kebetulan mengalami kejadian iklan akun adsense berubah statusnya menjadi siaga, berikut saya uraikan beberapa penyebab kenapa iklan akun adsense statusnya berubah menjadi siaga:

1. Iklan masih dalam proses peninjauan

Status siaga bisa terjadi ketika iklan masih dalam proses peninjauan oleh pihak adsense, cepat lambatnya proses peninjauan biasanya akan sangat tergantung sekali dengan informasi yang dilaporkan oleh bot google, dan sangat dipengaruhi oleh aktivitas visitor dan juga penerbitan artikel, jika visitor sangat jarang dan penerbitan artikel juga sangat jarang maka botpun enggan berkunjung dan ini bisa menyebabkan iklan yang terpasang mendapatkan peninjauan yang lama sehingga status iklan berubah dari baru menjadi siaga atau dari aktif menjadi siaga.

2. iklan Terpasang dengan baik tapi tidak mendapatkan Impresi

Peninjauan iklan review 2 akan sangat tergantung sekali dengan kinerja iklan pada halaman blog, jika iklan yang terpasang tidak mendapatkan impresi atau ruang space tidak pernah tampil, ini bisa disebabkan konten tidak sesuai kebijakan atau konten dianggap kurang memadai, apalagi saat ini jumlah iklan adsense tidak memiliki batasan dan akan sangat menyesuaikan dengan panjang pendeknya konten, jika konten dianggap kurang memadai maka ruang space iklan tidak akan tampil, dan jika iklan tidak tampil sama sekali maka impresi 0 sehingga status iklan mungkin saja akan menjadi siaga.

Impresi juga bisa tidak bertambah jika kode iklan yang terpasang pada blog tidak bekerja karena salah penempatan kode iklan atau kode iklan error karena ada sebagian yang terhapus sehingga iklan tidak tampil.

3. Kode Unit iklan yang dibuat tidak terpasang dengan baik

Untuk memasang iklan pada proses review 2 kode unit iklan harus dibuat dulu, biasanya jika baru dibuat kode unit iklan akan memiliki status baru, silahkan pasang kode unit iklan pada halaman blog kemudian pastikan bahwa kode unit iklan berjalan dengan baik yang ditandai dengan munculnya ruang kosong pada halaman blognya.

Jika ruang kosong muncul pada halaman blog tempat di mana kode iklan diletakan, itu artinya iklan sudah dipasang dengan baik, tugas anda selanjutnya tinggal menunggu keputusan dari google diterima atau ditolak. Jika kode unit iklan yang anda buat tidak ada gunakan dalam jangka waktu yang lama misalkan 1 bulan maka status kode iklan akan berubah menjadi IDDLE.


***

Penutup

Proses IDDle pada dasarnya bisa terjadi karena iklan tidak dapat bekerja dengan baik pada halaman blognya oleh karena itu yang harus anda perhatikan adalah anda harus dapat memastikan bahwa iklan yang anda pasang pada halaman blog bekerja dengan baik, kelihatan dan tampil walaupun hanya ruang kosong.


Status iklan berubah menjadi IDDLE jika proses review 2 tidak ada kepastian dalam waktu yang lama, harus diingat juga bahwa cepat lambatnya proses review 2 sangat ditentutkan oleh aktivitas user pada blog anda dan juga aktivitas bot google mengakses halaman blog anda, semakin sering maka review 2 akan semakin cepat, oleh karena itu sangat penting sekali memperhatikan jumlah artikel dan jumlah pengunjung blog sebelum mendaftar adsense agar peluang untuk diterima lebih baik.

Tag : AdSense

0 Komentar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik artikel diatas, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P0RN0GRAFI, 0BAT, H4CK dan JUD! akan dihapus secara otomatis.