Di era teknologi informasi saat ini bisnis tidak hanya dijalankan secara offline namun bisa juga dijalankan secara online, bisnis online memang saat ini adalah bisnis yang sedang hangat-hangatnya, tumbuh dan berkembang bak jamur dimusim penghujan, karena memang  bisnis online dipercaya memiliki peluang sangat baik daripada  bisnis offline, dengan bisnis online barang bisa dijual secara online dari jarak jauh serta tidak terbatas waktu dan wilayah.

Apalagi untuk saat ini banyak sekali media gratisan yang bisa digunakan untuk berbisnis seperti berjualan online, bisa melalui website khusus atau dengan memanfaatkan media sosial seperti facebook, instagram dan media sosial lainnya yang memiliki potensi untuk menjual barang cepat laku.

Internet banking



Selain didukung dengan banyaknya penyedia layanan online yang bisa digunakan secara gratis bisnis online juga didukung dengan teknologi perbankan yang akan lebih memudahkan transaksi antara si penjual dan si pembeli, tapi sayangnya tidak semua bank dapat mendukung transksi online aman, ada bank yang bagus ada juga bank yang kurang bagus terutama dari sisi pelayanan dan keamanan bertransaksi, sehingga dibalik kemudahan bertransaksi online ada banyak sekali ancaman dan resiko yang dapat merugikan si pelaku transaksi baik si penjual maupun pembeli.

Sisi ancaman yang sering ditemukan terkait transaksi online adalah tindakah tidak bertanggung jawab yang sering dilakukan oleh peretas (hacker atau cyber crime), dengan cara mencuri data nasabah melalui penyadapan transksi online seperti internet banking, sehingga untuk anda yang sering bertransaksi secara online dan untuk anda pelaku bisnis online yang menggunakan internet untuk berjualan maka salah satu yang harus difikirkan adalah keamanan bertransaksi dengan cara memilih bank yang dikenal aman untuk bertransaksi sehingga bisa terhindar dari tindakan kejahatan cyber.

Daftar Bank Yang Paling Aman untuk Transaksi Bisnis Online

Sistem bank pada dasarnya memanglah aman jika kita tau cara penggunaannya terutama penggunaan transaksi aman, sayangnya bank apapun bisa saja kurang aman jika kita kurang hati-hati dalam bertansaksi online, berikut adalah daftar bank lokal yang sering digunakan untuk bertransaksi secara online, bank ini terbilang memiliki ke amanan yang sangat baik untuk bertansaksi dan sudah memiliki akses internet banking yang bisa digunakan melalui aplikasi mobile HP android atau smartphone.

Brikut adalah daftar bank yang paling aman dan bagus untuk melakukan transaksi online:

1. Bank Mandiri

Untuk urusan transaksi online maka mandiri bisa menjadi salahsatu pilihan, bank mandiri dilengkapi fasilitas  internet banking yang bisa dijalankan baik melalui smart phone atau komputer pc atau desktop, selama ini bank mandiri sudah mengalami banyak kemajuan terutama yang berkaitan dengan keamanan bertransaski secara online, yaitu dengan diberlakukannya Token PIN mandiri untuk melakukan transaksi internet banking.

Dikutip dari situs resmi bank mandiri, Token PIN Mandiri adalah alat pengaman tambahan untuk melakukan transaksi finansial di Internet Banking Mandiri . Token PIN Mandiri ini berfungsi untuk mengeluarkan dinamyc password (PIN Dinamis), yaitu PIN yang selalu berubah dan hanya dapat digunakan satu kali untuk tiap transaksi finansial yang dilakukan,

PIN Dinamis tersebut (disebut juga sebagai PIN Mandiri) digunakan sebagai otentikasi transaksi pada saat nasabah melakukan transaksi melalui Internet Banking Mandiri. Sedangkan untuk login ke dalam sistem Internet Banking Mandiri, nasabah cukup menggunakan USER ID dan PIN Internet Banking (PIN statis) yang dibuat pada saat nasabah mendaftarkan diri sebagai pengguna.


Untuk mendapatkan token PIN mandiri nasabah harus melakukan registrasi dengan mengisi formulir khusus pengajuan kepemilikan token PIN, dengan membayar biaya administrasi dengan jumlah tertentu dan PIN token dapat diambil diseluruh cabang bank BNI.

2. Bank BNI

Satu lagi bank yang memiliki tingkat kemanan yang baik adalah bank BNI, bank BNI adalah bank pemerintah dan untuk keperluan transaksi online bank BNI sudah dilengkapi dengan fasilitas internet banking yang bisa diakses baik melalui smartphone maupun komputer PC laptop.

Transaksi internet banking menggunakan BNI terbilang sangat aman karena dapat menggunakan BNI e-scure semacam PIN khusus yang setiap transaksi harus berganti-ganti, PIN e-schure BNI dapat diambil dengan cara melakukan registrasi menggunakan menu administrasi yang terdapat pada internet banking, anda akan diminta memilih kantor cabang bank bni untuk mengambil PIN BNI anda.

Informasi detail layanan internet banking bank bni dapat dibaca disini

3. Bank BRI

Bank yang ketika yang dapat dijadikan pilihan untuk bertransaksi aman adalah Bank BRI, keuntungan menggunakan bank bni adalah akan mudah sekali ditemukan bahkan dipelosok kota terpencil sekalipun, BRI juga dilengkapi dengan fasilitas internet banking dan mobile banking, transaksi pun lebih aman karena menggunakan teknik serupa dengan BNI dan mandiri yaitu penggunaan PIN khusus untuk melakukan transaksi, PIN dapat diperoleh melalui layanan SMS gateway menggunakan no HP yang sudah didaftarkan sebelumnya.

4. Bank BCA

Bank BCA juga sebagai salah satu bank yang banyak sekali digunakan untuk media transaksi secara online, apalagi bank BCA dilengkapi dengan internet banking dan juga internet mobile yang penggunaannya sangat mudah.

Tips aman bertransaksi secara online

Meskipun bank yang digunakan untuk bertransaksi online sudah difasilitasi sistem yang sangat aman, namun keamanan bukan hanya terletak dari sisi sistem saja, ada faktor lainnya yang juga harus diperhatikan agar bertransaksi online menggunakan internet banking atau mobile banking.

Berikut adalah beberapa tips aman ketika bertransaksi secara online:

1. Waspada terhadap ancaman pishing

Ancaman pishing berupa replika halaman situs yang sesuai dengan yang aslinya, misal halaman yang sama persis dengan halaman login yang sering digunakan di internet banking bank tertentu, anda akan diminta untuk memasukan PIN, user maupun password, dimana informasi tersebut akan direkam oleh sipelaku kejahatan cyber, pengguna biasanya akan di arahkan ke halaman pishing bisa melalui email dari si pelaku dan kebanyakan pengguna akan terjebak karena kurang ke hati-hatian.

Untuk menghindari fishing :
  • Pastikan bahwa alamat url halaman situs yang diakses benar, lihat dan amati baik-baik sebelum memasukan user dan password untuk login ke sistem perbankan.
  • Untuk Mobile banking, pastikan bahwa aplikasi android di download dari google playstore dan perhatikan apa perusahaannya, pastikan bahwa perusahaan yang mengupload benar.
  • Jangan terlalu percaya dengan email yang meminta anda memasukan passord dan userID, aplikasi apapun tidak akan meminta memasukan password maupun userID yang dikirm melalui email.
  • Waspada dan periksa kembali alamat email, pastikan email yang anda terima yang berkaitan dengan perbankan adalah email yang dapat dipercaya dan di kirim dari alamat email terpercaya.

2. Rahasiakan Data User ID dan password perbankan anda.

Siapapun jangan sampai mengetahui user ID dan juga password yang anda gunakan untuk login ke akun perbankan anda, sekalipun itu petugas bank, rahasiakan jangan sampai ada yang tau, jangan dicatat di hp maupun di buku catatan yang sering disimpan di dompet.

3. Ubah password secara berkala

Lakukan perubahan password secara berkala, sistem perbankan biasanya dilengkapi fasilitas untuk mengganti password silahkan ganti password secara berkala minimal 1 bulan sekali.

4. Blokir akun anda jika ada penyalahgunaan

Jika akun anda ternyata diketahui disalahgunakan atau anda kehilangan barang penting yang menyimpan informasi perbankan anda, maka sebaiknya lapor kepada pihak bank agar dilakukan tindakan pencegahan sebelum terlambat seperti pemblokiran dan tindakan pengamanan lainnya.

5. Selalu Logaut setelah anda login ke sistem perbankan.

Biasanya untuk mengakses administrasi perbankan melalui smartphone atau komputer anda akan login, jangan sampai lupa untuk melakukan logout dengan cara yang benar setelah anda selesai menggunakan sistem internet banking tersebut, jika tidak maka ketika ada orang lain mengakses halaman internet banking akun anda akan dalam keadaan terbuka yang bisa disalahgunakan dan dimanipulasi.


Untuk bertransaksi online aman maka yang harus anda perhatikan adalah memilih bank terpercaya dan selalu waspada dan hati-hati terhadap segala bentuk ancamanan terhadap akun perbankkan anda, demikian informasi mengenai  Daftar Bank Yang Paling Aman untuk Transaksi Bisnis Online, semoga bermanfaat.




0 Komentar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik artikel diatas, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P0RN0GRAFI, 0BAT, H4CK dan JUD! akan dihapus secara otomatis.