Bisakah satu akun adsense dipasang di lebih dari satu blog?, pertanyaan seperti ini kerap saya temukan di beberapa forum online, komentar blog maupun group media sosial. Menurut pernyataan resmi dari google adsense, 1 akun google adsense bisa dipasang dan diletakan di banyak blog bahkan samapi dengan 500 blog berbeda, baik blog dengan email yang sama atau blog dengan email berbeda, baik blog satu hosted (sama-sama blogspot) maupun situs atau blog dengan top level domain.

Oleh karena itu, jika anda ingin mendaptkan penghasilan adsense dalam jumlah yang banyak alternatif yang bisa anda coba adalah anda bisa membuat lebih dari satu blog, kemudian berusaha untuk memelihara dan meningkatkan trafik ke blog-blog tersebut kemudian memasang iklan adsense pada tiap-tiap blog yang anda kelola. atau anda bisa bekerjasama dengan blogger lain (join ventura) dengan cara memasang iklan adsense pada blog orang lain yang tidak melanggar kebijakan google adsense dengan sistem bagi hasil atau persentase seusai kesepakatan.

Cara Memasang adsense di lebih dari satu blog berbeda lainnya

Yang Harus dihindari ketika memasang adsense di blog berbeda. 

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika anda memutuskan ingin memasang kode unit iklan adsense di blog berbeda lainnya baik milik anda maupun miliki partner anda, sebagai berikut:

a. Pastikan bahwa niche atau topik yang dibahas pada blog tersebut sesuai dengan kebijakan google adsene,

b. Pastikan juga bahwa blog tersebut tidak dalam keadaan review, ada kasus akun adsense dibanned karena dipasang pada blog yang masih dalam tahap review.

c. Pastikan juga bahwa Blog yang akan anda pasangi adsense bukan blog mantan banned, jika masih dipaksakan untuk dipasangi adsense, di awal iklan mungkin muncul, namun seiring waktu berpotensi akun adsense anda bisa jadi akan dibanned juga.

d. Pastikan Blog yang akan anda pasangi adsense memiliki jumlah visitor yang banyak, adsense sangat tergantung sekali dari jumlah visitor, jika visitor yang dimiliki sebuah blog yang dipasangi adsense banyak maka penghasilanpun akan meningkat.


Langkah-langkah memasang adsense di blog berbeda

Memasang adsense di blog atau website berbeda sebenarnya sangat mudah, ada 2 jenis situs yang bisa anda tempeli adsense, blogspot atau situs toplevel domain, caranya pun sebenarnya sangat mudah, anda tinggal ambil kode adsense kemudian pasang di blog yang dimaksud, namun yang jangan sampai dilupakan adalah melakukan klaim atau otorisasi blog tersebut di akun adsensennya agar pendapatan adsense ada dari blog yang anda tempeli adsense di akui.

Berikut langkah-langkah untuk memasang adsense pada situs atau blog berbeda:

1. Jika dipasang di situs top level domain (TLD)

Iklan adsense ketika di pasang atau ditempel di situs top level domain akan otomatis muncul jika akun adsense yang anda miliki non-hosted, namun iklan tidak akan muncul jika akun adsense anda masih hosted, oleh karena itu jika akun adsense anda masih hosted dan anda ingin memasang iklan adsense pada situs TLD, maka setelah iklan dipasang pads situs top level domain, anda harus melakukan otorisasi situs tersebut di akun adsensenya dengan menyertakan url situs top level domain yang anda pasangi iklan adsense.
Silahkan baca: perbedaan akun adsense hosted dan non hosted
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Masuk ke akun adsense, silahkan Ambil Kode unit iklan adsense, kemudian pasang pada situs top level domain. Setelah iklan terpasang, silahkan anda masuk ke halaman akun adsense anda kembali untuk melakukan otorisasi.

b.  Klik menu roda gigi di pojok kanan atas, kemudian pilih submenu setelan.

Otorisasi situs adsense

c. Kemudian di bilah menu sisi kiri, pilih menu Akses dan otorisasi > otorisasi situs

Cara otorisasi situs di akun adsense

Pada kotak isian "Saya akan menayangkan iklan di", silahkan masukan alamat url situs top level domain yang anda pasangi iklan adsense, kemudian tekan tombol kirim.

Team adsense akan mereview permintaan otorisasi anda, jika anda berhasil maka iklan bisa tayang di situs tersebut dan akun adsense anda akan berubah dari akun adsense hosted menjadi akun adsense non-hosted.

d. Lakukan claim terhadap situs top level domain yang anda pasangi adsense.
Langkah berikutnya setelah otorisasi anda berhasil disetujui adalah, mengclaim situs tersebut di akun adsense anda, tujuannya adalah agar pendapatan dan klik iklan adsense pada situs tersebut bisa diakui dan akan menambah penghasilan anda. Untuk claim situs anda bisa baca di artikel dibawah ini:
Cara Claim situs adsense agar pendapatan diakui

2. Jika dipasang di situs Hosted (Blogspot)

Jika Akun adsense ingin dipasang atau ditempel di blog hosted atau blog dengan subdomain blogspot, baik akun adsense hosted maupun non hosted, baik blog milik anda atau blog orang lain yang ingin kerja sama dengan anda,  bisa anda langsung tempel iklan tersebut pada blog-blog yang bersangkutan, setelah iklan di tempel baru  anda lakukan claim situs, tujuannya agar klik dan pendapatan anda pada blog tersebut diakui.


Memasang adsense pada banyak blog berbeda sering dipraktekan oleh para publisher-publisher pengalaman dan memeng benar-benar bisa menambah penghasilan adsense anda, semakin baik visitor pada blog yang anda pasangi adsense penghasilan pun akan meningkat. yang perlu diingat adalah anda harus memastikan bahwa blog yang dipasangi iklan adsense tersebut bukan mantan banned dan topik yang dibahas sesuai dengan kebijakan google adsense.

Itulah tentang cara memasang adsense di lebih dari satu blog, semoga bermanfaat.








Tag : AdSense

39 Komentar

avatar

saya punya akun adsense hosted , apakah bisa di pasang semua blogspot saya ?

Balas
avatar

kalo akun adsennya masih hosted hanya bisa dipasang untuk blogspot saja, bisa dipasang sampai 500 blog tapi tidak bisa dipasang di situs top level domain, kecuali di upgrade terlebih dahulu menjadi non-hosted sehingga bisa dipasang di blogspot dan juga top level domain (TLD)

Balas
avatar

punya saya kok iklannya masih belum nampak yah?
pdhl di blogger sudah oke dan di adsense sudah ada tulisan aktiv..
ada masukan pak?

Balas
avatar

Iklan akan muncul otomatis jika sudah full approve, cirinya full approve agan akan mendapatkan email pemberitahuan bahwa pendaftaran sepenuhnya sudah diterima.

sepertinya baru lolos review1, memang jika sudah lolos review1 kita bisa masuk akun adsense dan bisa membuat unit iklan untuk dipasang diblog setelah iklan terpasang di blog baru menuju proses review 2, sampai mendapatkan pemberitahuan via email diterima atau ditolak

Balas
avatar

mas Didin, alhamdulillah saya sudah di full approve google adsense berkat bantuan mas Didin juga.

pas mau pasang iklan di blog lain ko ga ada efek apa-apa atau ga blank kotak putih atau lain sebagainya kayak ga dipasang iklan gitu. Padalhal diblog yang akun GA sudah tayang dan diblog lainnya ga ada efek apapun. di tambahkan situs juga sudah dipengaturan GA. Jadi gimana tuh solusinya?

Balas
avatar

Jika dipasang di domain.com (TLD) sementara akun adsensenya hosted (diperoleh dari mendaftar melalui blog zzz.blogspot.com) tidak akan muncul, namun jika dipasang di sesama blogspot sementara akun adsennya hosted seharusnya muncul.

untuk eberapa saat biasanya iklan akan blank karena iklan perlu menyesuaikan dengan konten blog ybs tapi iklan akan muncul pada akhirnya

Balas
avatar

Apa bedanya akun adsense n iklan adsense. Aq msh bljr. Kok bisa ada jual beli akun GA. Trs itu gmn. Apakah aman. Dan gmn cara mengetahui akun GA yg dulu pernah dibanned. Sy pernh mndftar

Balas
avatar

mas mau tanya. saya punya akun GA hosted uda aktif untuk blog saya yg 1 dan sudah memiliki penghasilan. Nah saya mau pasang juga di blog yg 1 lagi. Apakah saya harus nambahin unit iklan atau saya cuma harus copy adcode yg uda aktif ke blog saya yg 1 lg?

Balas
avatar

Akun adsense adalah tool utama adsense mas bisa melihat informasi pendapatan, membuat iklan dan informasi terkait iklan adsense lainnya.

sedangkan iklan adsense adalah unit iklan yang dipasang di halaman blog yang digenerate di dalam akun adsense, iklan baru bisa dibuat setelah ada akun adsense.

Balas
avatar

Bisa menambahkan dengan membuat unit iklan baru, atau unit iklan yang sama.

alasan menggunakan unit iklan berbeda agar kita bisa memonitor performa masing-masing iklan mana yang efektif mendapatkan klik dan lain sebagainya juga bisa dilibatkan chanel untuk masing-masing iklan agar analisa terhadap iklan bisa lebih mudah diketahui

Balas
avatar

mas saya mau tanya, saya sudah mendaftar GA melalui youtube dan sudah aktif, dan saya mau pasang GA di blog juga tapi berbeda gmail dengan youtube, apakah bisa mas ? mohon pencerahannya. thx

Balas
avatar

MAS SAYA PUNYA AKUN GA NON-HOSTED SAYA BUAT LEWAT DOMAIN TLD. DAN DOMAIN SAYA TUTUP TAPI AKUN GA MASIH. SAYA MAU PASANG BLOGSPOT BISA GAK?

Balas
avatar

Jd akun hosted itu bisa buat iklan di blog ya mas? Gag hrs non hosted ya?

Balas
avatar

Jd akun hosted itu bisa buat nampilkan iklan di blog ya mas? Jd gag perlu hrs nonhosted?

Balas
avatar

ijin nanya gan, mendingan mana 1 kode iklan untuk beberapa blog apa tiap blog di buatin 1 unit iklan, kinerjanya bagusan mana?

Balas
avatar

Iklan youtube sampai saat ini tidak bisa dipasang di blog mas, kecuali akun adsene youtubenya sudah di upgrade menjadi akun adsense non-hosted.

Balas
avatar

2-2nya juga bisa, tapi alasan kenapa beda kode iklan adalah untuk memantau dan memonitor kinerja iklan dengan cara membuat unit iklan yang berbeda dan menggunakan chanel berbeda.

tapi kalo tidak mau repot, bisa seperti yang agan tanyanyakan cuman resikonya kinerja setiap iklan di setiap tidak bisa dimonitor

Balas
avatar

Akun adsense Hosted dari pendaftaran blogspot hanya untuk dipasang di blogspot, kalo non hosted bisa dipasang di blogspot dan juga situs top level domain.

jadi tergantung keperluan saja, jika hanya untuk blogspot saja hosted sudah cukup.

Balas
avatar

masih bisa digunakan mas selama akun adsennya tidak dinonaktifkan atau dibanned oleh google.

Balas
avatar


Mohon bantuannya gan, saya sudah full approve GA Situs TLD, sehingga pilihan menu Akses dan otorisasi > otorisasi situs tidak ada.
Pertayaannya : saya ingin menambahkan iklan pada situs LTD yang masih dalam Tahap Review (akun berbeda), apakah bisa dan ada solusinya, saya bisa menambahkan iklan yang sudah full approve. Terimkasih

Balas
avatar

Jika masih review sebaiknya jangan dipasang adsen mas, kecuali mas berani ambil resiko, ada kasus akun adsense dibanned karena dipasang di situs yang masih review.

Balas
avatar

Mas saya mau nanya, gimana caranya menambah lebih dari 1 akun google?? Maksudnya aku kan punya akun youtube dan sudah di sinkronkam ke akun google adsense, trs gimana caranya menambah 1 akun lagi??? Saya ingin menambah 1 akun blogspot

Terima kasih jawabannya

Balas
avatar

mohon pencerahannya mas...saya punya blog (blogspot) yang sudah lama full approve GA dan sdh ada penghasilan dari GA. Nah...lalu saya bikin blog baru (blogspot jg), dgn akun google yg sama, baru 1 minggu dan baru ada 2 artikel yg saya posting. Bolehkah saya pasang kode iklan GA saya pada blog baru tersebut? Atau google harus mereview dulu blog baru saya, baru boleh saya pasang iklan di blog baru tersebut?Trims sebelumnya..

Balas
avatar

Gan mau nanya klo blog lain (satu email dg blog utama) yang dipasangi ads kan belum terdaftar tp sudah saya pasangi ads dari blog utama yg sudah disetujui. itu gmn klo mau menampilkan ads bukan dr html/javasript melainkan ads dari widget seperti di blog utama ?
Mohon jawabannya (_ _)

Balas
avatar

Bisa dipasang diblog berbeda sampai 500 blog, sama saja mau di template atau HTML javascript, di template hanya untuk lokasi yang diinginkan sendangkan menggunakan HTML hanya untuk lokasi tertentu seperti sidebar, tapi yang paling dinamis di templatenya kita bisa memasang dimanapun yang penting tau caranya.

Balas
avatar

Kalo menurut sayamah lebih baik pasang ketika sudah ada pengunjung banyak, karena percuma saja dipasang jika tidak ada pengunjung, mau dapat klik darimana. 2 artikel kemungkinannya akan sulit mendatangkan pengunjung, silahkan tambah terus artikelnya

Balas
avatar

Gunakan blog yang memiliki email berbeda gan, clear cache dulu sebelum daftar agar tidak terdeteksi orang yang sama.

Balas
avatar

Sore Mas Didin,
kalau yang satu WP dan yang lainnya blogspot hosted, boleh ngga ya?
terima kasih

Balas
avatar

Boleh mbak tapi akun adsensenya harus menggunakan akun adsense non-hosted, jika masih hosted maka iklan hanya akan tayang di blogspot saja, sedangkan di non blogspot atau top level domain tidak akan tayang.

Balas
avatar

mau nanya gan berapa lama waktu dibutuhkan menuggu review soalnya di akun GA nya 3 hari untuk review sedang ini sdh 8 hari belum ada email masuk apa ini tanda klo di tolak??

Balas
avatar

Tidak ada ketentuan gan, hanya google yang punya keputusan... kita hanya bisa menunggu dan berharap cemas

Balas
avatar

alo mas didin
Saya mau tanya donk
Dulu kan saya pernah bikin blogspot A dan daftar hosted tapi di tolak... lalu saya buat blogspot B dan saya TLD kan blogspot B tersebut kemudian daftar GA non hosted dan diterima.... pertanyaan saya apakah boleh iklan blog B yg sudah non hosted tersebut saya kaitkan ke blog A yang dulu pernah di tolak GA hosted... terimakasih mas

Balas
avatar

Boleh gan, tidak apa-apa kecuali blognya mantan baned baru riskan.

Balas
avatar

Apa bisa kalau dipasang di blog dengan niche yg berbeda ?

Balas
avatar

Tidak masalah gan, yang penting conten yang dibahas tidak menyalahi kebijakan google adsense

Balas
avatar

Permisi mas, numpang nanya nih. Sebenarnya saya sudah punya akun AdSense tapi masih Hosted, dan kebetulan saya cuma punya blog TLD .com
Otomatis gak bisa dikaitkan, lalu saya gabung sama JV AdSense teman saya. Tapi kenapa iklan tidak muncul? Atau karena sebelumnya saya sudah terkait dengan akun AdSense Hosted tersebut? Bikin bingung nih mas.

Makasih atas posting nya ya mas, menambah wawasan.

Balas
avatar

Ada banyak penyebab kenapa iklan tidak muncul.
-Iklan Akun hosted yang dipasang di blog nonhosted
-Iklan yang terpasang masih baru beberapa menit, ditunggu saja.
-Artikel mengandung teks tidak sesuai kebijakan.
-Akun adsense kena suspend.

-salah pasang kode iklan
dll

Ditunggu saja gan lalu amati, jika dalam waktu yang lama masih tidak mau nampak, barangkali ada yang salah.

Balas

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik artikel diatas, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P0RN0GRAFI, 0BAT, H4CK dan JUD! akan dihapus secara otomatis.