Cara Menghapus Atikel Blog yang benar untuk Adsense - Sudah 2 kali saya mendapatkan peringatan dari google adsense terkait tayangan situs, yang pertama karena ada di dalam salah satu artikel mengandung kata-kata berbau fvlgar yang memang tidak sesuai dengan kebijakan, dan yang kedua karena ada artikel blog secara keseluruhan memang tidak sesuai dengan kebijakan adsense.

Memang terkadang tanpa disadari artikel yang kita buat bisa saja dianggap melanggar dan tidak sesuai dengan google adsense, ada faktor ekternal ada juga disebabkan oleh faktor internal itu sendiri, faktor ekternal bisa disebabkan oleh interaksi pengunjung blog anda yang tanpa anda sadari menyisipkan link atau kata-kata didalam komentar yang tidak sesuai dengan kebijakan, sedangkan faktor internal bisa jadi karena keteledoran anda ketika anda membuat artikel postingan blog padahal isi artikel yang anda buat ternyata benar-benar sangat tidak sesuai dengan google adsense.

Alasan Saya harus menghapus artikel.

Terakhir saya mendapatkan teguran dari google adsense, karena salah satu artikel saya yang membahas mengenai cara d0wnl0ad vide0 dari y0utube ternyata benar-benar dianggap tidak sesuai dengan kebijakan google adsense, karena dikategorikan sebagai salah satu upaya mendukung kegiatan ilegal terhadap produk google.

Google akhirnya melayangkan email teguran dengan memberikan 2 alternatif untuk segera melakukan perbaikan selama 3 x 24 jam hari kerja, antar menghapus iklan pada halaman tersebut atau menghapus secara permanen halaman tersebut.

Untuk masalah yang satu ini saya memang sedikit merasa bimbang antara menghapus artikel atau menghapus iklan untuk halaman tersebut, itu karena artikel tersebut adalah artikel viral yang mampu mendatangkan ribuan visitor organik dalam sehari.

Dengan beberapa pertimbangan, karena saya menganggap artikel tersebut secara keseluruhan memang sangat melanggar kebijakan, terpaksa saya memutuskan sesegera mungkin  menghapus artikel tersebut, mungkin lebih baik kehilangan salah satu artikel dari pada akun adsense dibanned atau dinon-aktifkan.

Cara Menghapus Artikel Yang melanggar kebijakan Adsense?

 Mungkin kasus yang sama pernah juga anda alami, atau mungkin saja anda kebetulan baru mengalami hal serupa, jika anda memang benar-benar baru untuk masalah ini, saya sedikit berbagi bagaimana cara paling aman menghapus artikel yang melanggar kebijakan google adsense agar akun adsense anda berumur lama.

Berikut beberapa langkah menghapus artikel blog yang melanggar kebijakan adsense secara benar:

#1. Hapus artikel postingan pada dashboard blog anda.

Langkah pertama adalah menghapus artikel pada blog anda, caranya adalah sebagai berikut:

a. Silahkan anda masuk ke halaman akun blogspot anda,

b. Pada bilah menu sisi kiri silahkan anda klik menu post, Pada daftar post silahkan lakukan pencarian untuk menemukan artikel yang dianggap melanggar kebijakan google adsense. jika sudah ditemukan silahkan anda catat url artikel tersebut kemudian silahkan anda hapus saja.

Secara detail Anda bisa baca: cara menghapus artikel postingan dengan benar

Dengan cara ini anda baru berhasil menghapus artikel postingan blog anda, karena anda harus ingat bahwa alamat artikel masih belum terhapus di index pencarian google, alamat yang menuju artikel yang dihapus masih ditemukan oleh google,

ketika ada pengunjung blog anda menemukan judul artikel blog anda dihasil pencarian google, maka akan menuju halaman not found pada blog anda.

oleh karena itu langkah berikutnya yang harus anda lakukan adalah, mengupayakan untuk menghapus artikel postingan di index google, sehingga judul artikel tidak akan muncul lagi di pencarian google.

#2. Hapus Artikel di index Pencarian Google.

 Langkah kedua setelah anda berhasil menghapus artikel postingan blog anda adalah menghapus url artikel tersebut pada index google, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Masuk ke akun webmaster blog anda

b. Silahkan pilih salah satu blog anda yang akan dihapus artikelnya.

c. Pada bilah menu sisi kiri, pilih menu Google Index >Remove URLs, kemudian klik tombol Temporarily Hide, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Cara Aman Menghapus Atikel Blog Karena Melanggar kebijakan Adsense

d. Silahkan anda masukan url dari artikel yang akan dihapus, kemudian klik tombol continue,  seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

menghapus url artikel di index google

c. Pada tampilan berkutnya silahkan ada tekan tombol Submit Request, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:


cara aman menghapus artikel postingan blog
 Sampai langkah diatas berarti anda sudah sukses mengupayakan untuk menghapus blog di index pencarian google.

#3. Hapus Semua Internal Link Yang menuju Artikel Dihapus

Untuk memaksimalkan penghapusan dan untuk meminimalisir alamat url artikel postingan yang dihapus diakses kembali sebaiknya anda menghapus setiap link dalam artikel lainnya pada blog anda yang menuju artikel yang dihapus,

Untuk memudahkan menemukan link yang menuju artikel yang dihapus anda bisa menggunakan link checker, salah satunya anda bisa menggunakan tool online http://www.brokenlinkcheck.com/, tool tersebut akan membantu anda link-link brokn sehingga anda bisa menghapusnya.

Demikian artikel tentang  Cara Aman Menghapus Atikel Blog Karena Melanggar kebijakan Adsense, semoga bermanfaat.


5 Komentar

avatar

mas ngomong-ngomong kalo misalkan daftar adsense non hosted custom domain blogger, apakah di dasbor blog wajib memilih bahasa inggris (united kingdom) ? karena kalo bahasa indonesia tab earning nya kan nggak ada. apakah boleh saya terapkan indonesia di dasbor blogger nya? katanya adsense support bahasa indonesia, apakah itu artikelnya, atau juga bahasa blognya? tapi kok kalo diubah bahasa indo di dasbor blogger nya nggak ada tab earning nya? terima kasih

Balas
avatar

bisa saja mas.
atau bisa juga kalo sudah Top level domain, agan bisa coba daftarkan melalui situs www.google.com/adsense. yang didaftarkan bukan blogspot agan tapi blog top level domainnya

Balas
avatar

Iklan adsense sudah support bahasa indonesia. jadi blog dengan artikel indonesia sekarang sudah bisa dipasangi adsense, untuk bahasa blog agar menu pendapatan cepat muncul ubah saja setingan bahasa akun blog ke nggris

Balas
avatar

Turut nimbrung mas- mas'e.
Jadi kalau masih blogspot tak bisa ya mas didaftarkan ke adsen, pendeknya harus domain yang berbayar gitu?..

Balas

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik artikel diatas, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P0RN0GRAFI, 0BAT, H4CK dan JUD! akan dihapus secara otomatis.