Google Adsense Sebenarnya Hanya Mengizinkan setiap publishernya untuk memiliki 1 akun adsense saja untuk setiap penerima pembayaran yang sama, meskipun untuk beberapa situasi tertentu anda masih diizinkan untuk mengajukan permohonan untuk beberapa akun adsense lainnya,  namun menurut saya satu akun adsense saja saya rasa sudah cukup, karena dengan hanya satu akun adsense saja, anda masih diberi kesempatan untuk memasang kode unit iklan adsense tersebut di 500 blog atau situs yang berbeda.

Untuk memasang iklan adsense pada blog tergantung dari blog atau situs yang akan dipasangi iklan adsense tersebut, jika iklan adsense akan dipasang di blog dengan top level domain (TLD) atau situs yang dihosting dengan domain pribadi (.com, .net, .co.id, .id, .org dll), anda harus mengupgrade akun adsense terlebih dahulu sehingga menjadi akun adsense non-hosted, namun jika kode unit iklan adsense ingin dipasang di blog berflatform blogspot, kode unit iklan tinggal di tempel saja pada blog yang bersangkutan, iklan sudah dapat muncul, namun jangan lupa setelah iklan adsense berhasil muncul di blog tersebut anda harus lanjutkan dengan mengclaim setiap alamat blog yang anda pasangi adsense tersebut di akun adsense anda.

Alasan Kenapa Blog yang dipasangi kode unit iklan adsense Harus diklaim  atau di otorisasi?

Saat ini Adsense memiliki kebijakan baru bahwa setiap blog atau situs yang dipasangi kode unit iklan adsense harus diklaim atau diotorisasi, tujuan claim situs adalah agar setiap klik dan pendatan dari blog yang dipasangi iklan tersebut bisa diakui, jika tidak maka meskipun iklan adsense mendapatkan klik dan pendapatan dalam jumlah yang banyak tetap pendapatan tersebut tidak akan diakui dan tidak akan memotong biaya si pemasang iklan /pengiklan (advertiser), artinya sia-sia saja meskipun iklan dipasang di 500 blog sekalipun.

Memang berbeda dengan aturan main adsense di masa lalu, dimana kode unit iklan adsense tinggal ditempel di blog yang ingin monetisasi dan pendapatan pun secara otomatis bertambah, namun karena banyaknya kasus pelanggaran, salah satunya adalah banyaknya terjadi pencurian kode unit iklan adsense, tanpa sepengetahuan si pemilik akun adsense yang sah, dan tanpa disadari kode unit iklan adsense dicuri kemudian dipasang blog atau situs orang lain tanpa melihat apakah situs tersebut sesuai dengan kebijakan atau tidak, sehingga dengan banyaknya kasus tersebut tidak sedikit para blogger yang rugi karena akun adsense dibanned karena terdeteksi terpasang pada blog yang tidak sesuai kebijakan, oleh karena itu adsense merubah metode pemasangan iklan, meskipun iklan dipasang di situs apapun jika tidak ada proses claim maka pendapatan dianggap tidah valid atau tidak akan pernah diakui.


Cara Menambahkan atau Mengklaim Situs (Otoriasai) di akun adsense

Jika anda bermaksud meletakan kode unit iklan adsense di beberapa blog anda atau blog teman anda jangan lupa setelah kode unit iklan di pasang dan iklan berhasil tampil pada blog tersebut, anda harus melakukan otorisasi atau claim alamat situs atau blog yang anda pasangi adsense tersebut agar klik dan pendapatan dari blog yang bersangkutan dianggap valid dan diakui.

Untuk mengclaim url alamat blog atau situs langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

#1. Masuk ke halaman akun adsense anda

#2. Klik menu bergambar roda gigi yang terletak di pojok kanan atas. pilih submenu, setelan / setting seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

cara claim atau otorisasi situs adsense agar pendapatan dan klik di akui


#3. Pada tampilan berikutnya, dibilah menu samping kiri silahkan  pilih menu akun kemudian klik submenu Pengelolaan situs, tampil seperti gambar dibawah ini:

cara menambahkan claim atau otorisasi situs atau website adsense

#4. Jika terdapat situs belum di clai silahkan cek, tambahkan jika itu memang benar-benar situs anda pada daftar, namun jika blog atau website anda belum terdaftar pada daftar belum di claim anda bisa menambahkan secara manual.

Silahkan masukan alamat blog atau situs anda tanpa http://, kemudian tekan tombol tambahkan situs. maka alamat yang anda masukan akan masuk ke daftar dimiliki.

Sampai tahap diatas berarti anda sudah berhasil melakukan claim atau otorisasi alamat blog atau website anda yang dipasangi adsense di akun google adsense, dengan demikian klik dan pendapatan iklan google adsense pada situs-situs tersebut akan diakui menjadi pendapatan anda.

Demikian artikel cara Cara Claim (Otorisasi) blog atau situs AdSense : agar Click dan Pendapatan diakui semoga bermanfaat.
 

35 Komentar

avatar

Maaf Komen Anda terpaksa dihapus!

avatar

oh harus di calim dulu ya berarti
saya kira cuma sebagai formalitas saja

Balas
avatar

gan, aerning nya suka berubah2 gk sih?

Balas
avatar

Earning suka berubah gan, kadang kecil kadang sedang kadang besar, begitulah seterusnya dan itu normal.

Balas
avatar

mantap gan infonya, saya lebih ngerti dgn penggunaan kata" blog ini hehe

Balas
avatar

mau tnaya gan, kenapa menu otorisasi situs di adsense saya tidak ada ya gan..? mohon pencerahannya

Balas
avatar

di saya kok aneh ya gan, udah saya claim semua tetapi ada satu blog yang iklannya masih blank, total 5 blog dan kode iklannya itu sama semua

Balas
avatar

Banyak penyebab iklan tidak tampil di blog, hati-hati dengan kata-kata yang sensitif yang terkandung di blog ybs, atau mungkin penempatan iklan salah dll.
kalo blog tld, otorisasi harus di approve dulu oleh google

Balas
avatar

mungkin bisa membantu
https://support.google.com/adsense/answer/2781228?hl=id

Balas
avatar

bagus agan artikelnya,tp bagaimana cara klaim web saya, sy dapt balasan dr google adsen tuk review thp pertama n d minta buat unit iklan, n skr dah saya buat unit iklan trs dah saya pasang,tp iklannya ga muncul. n blog saya pkai blogspot.com tts say d minta tempel iklan di website http://www.ligabolanasional.com padahal web saya http://www.ligabolanasional.blogspot.com

Balas
avatar

Jika tahap pertama lolos pasang saja langsung unit iklan adsnya pada blog yang dimaksud.

Bisa terjadi seperti itu kemungkinan agan mungkin salah memasukan alamat situs ketika daftar. jika memang blognya yang .com tidak ada, coba saja tempel di blog blogspot agan

Balas
avatar

sudah saya tempel di blogspot,,,tp iklannya kok blm muncul,,,tuk claim dah saya tambahkan yg blogspot,,,apa perlu juga tuk memasukkan unclaim, agan? makasih atas pencerahannya, maklum newbi

Balas
avatar

sudah saya pasang di blogspot saya mas tp sampe skr juga blm ada balasan dr google adsen,,,untuk claim situs, di akun adsen saya tambahkan pkai blogspot.com tp unclaim kok tidak bisa

Balas
avatar

claim baru berlaku ketika adsense sudah full approve gan.

Balas
avatar

saya barusan dpt balasan dr Google adsen, begini balasa dr google adsen.

Sekarang saatnya menerapkan kode iklan Anda


Kami lihat Anda telah berhasil membuat unit iklan pertama, tetapi belum menempatkan kode iklan di http://www.ligabolanasional.com. Langkah ini diperlukan untuk sepenuhnya mengaktifkan akun Anda. Harap masuk ke AdSense untuk mendapatkan kode iklan bagi unit iklan yang Anda buat, dan kemudian tempatkan kode tersebut di situs Anda.

Jika Anda yakin telah menerapkan kode iklan dengan benar, tetapi server kami masih belum melihatnya, pastikan bahwa kode berada di laman yang menerima lalu lintas dari pengunjung situs Anda.

Untuk bantuan lebih lanjut, harap lihat Panduan Penerapan Kode kami.
1stCTA
Tempatkan kode iklan

padahal dah saya tempel itu iklan di blogspot saya, Apa ini sebab waktu daftar saya salah ya mas,,,bisa tidak ya ligabolanasional.com ini saya rubah pakai blogspot mas,,mohon dibantu mas,,,maaf tanya trs,,

Balas
avatar

apakah ligabolanasional.com itu ada blognya dan punya mas?
jika punya mas, apakah hasil custom domain dari blogspot? apa nama blog sebelumnya sebelum di custom menjadi .com?

Untuk AdSense Belum menemukan cara merubah domain rujukan mas, mungkin bisa diubah ketika daftar ulang, jika pendaftaran sekarang ditolak.

Balas
avatar

sekarang sudah saya belikan domain dr ligabolanasional.blogspot.com ke ligabolanasional.com,n skr dah saya pasang iklannya lagi,,,mhn untuk di lht mas,,,pa msh ada kesalahan untuk penempatan iklan,,n sampai skr blm dpt balasan dr Google Adsen, apakah punya saya d trima atau d tolak

Balas
avatar

Dipasang aj di ligabolanasional.com, agan jangan lupa otorisasi di akun adsennya untuk situs tersebut, semoga berhasil.

Balas
avatar

bgm cr mengotorisasi akun adsen.apa hanya mencentang saja agan.bisakah saya minta tlg agan tuk mengecek akun saya?saya mhn bantuannya agan,trims

Balas
avatar

agan di akun adsen saya di sebelah GIR RODA ada tulisan seperti ini "Kami baru-baru ini telah mengintegrasikan fitur Otorisasi Situs dengan Pengelolaan Situs. Tinjau setelan Anda untuk memastikan apakah sudah benar". dan dah saya otorisasi dengan mencetang, mhn penjelasannya dari agan, trims

Balas
avatar

otorisasi hanya digunakan ketika akun adsense yang diperoleh melalui situs hosted(blogspot atau youtube) ingin dipasang di situs TLD.
pilih menu gambar roda gigi >setelan kemudian pilih menu Akses dan otorisasi, masukan alamat situs TLD dan tekan tombol kirim untuk di review. jika review berhasil iklan akan menjadi hosted dan bisa dipasang di situs TLD

Balas
avatar

Sudah saya claim lama sekali. Tapi kok belum muncul juga yah iklannya di blog. Saya mendaftar lewat youtube.

Balas
avatar

akun adsense youtube tidak bisa dipasang di blog kecuali akun adsense youtubenya sudah di upgrade menjadi non-hosted

Balas
avatar

Halo, makasih atas sarannya.
Saya udah claim blog address baru saya di setting itu dan sukses diklaim.
Tapi kenapa di blog baru tersebut ga bisa pasang Gadget AdSense ya?
(your blog currently doesn't qualify...)
Atau perlu waktu bbrapa jam dulu ya?

Makasih

Balas
avatar

Gan. Cara melepas otorisasi gimana ya?

Balas
avatar

Masuk ke menu setelan (gambar roda gigi) > pengelolaan situs, pilih situs kemudian klik buang

Balas
avatar

kang saya udah pasang iklan di blogspot lain, tapi ketika mau klaim ada [esan "your ....blogspot.co.id is not valid domain".maksudnya apa ya?

Balas
avatar

Patikan url yang dimasukan benar.
coba pake www. atau coba pake http://www, atau coba tidak gunakan, seharusnya bisa

Balas
avatar

gan mau tanya, saya daftar adsense dari youtube, dan saya ingin memasang adsanse itu di blog saya dengan beda alamat gmail, apakah bisa ?

Balas
avatar

Kalau iklan untuk konten sudah kita cekal, sedangkan kita juga memiliki youtube yang sudah dikaitkan dengan adsense. Apakan youtube juga perlu dicekal juga untuk memperoleh penghasilan, kalau ia pencekalannya bagaimana? url chanel youtub kita atau cukup youtube.com.

Balas
avatar

Jika dicekal diakun adsensenya maka akan otomatis dicekal untuk penayang iklan adsense dari akun tersebut

Balas
avatar

Bisa tapi akun adsensenya harus di upgrade dulu

Balas
avatar

Info hanya notifikasi atau berita dari adsensense saja gan

Balas
avatar

Punya saya ga bisa diotorisasi.

URL tidak boleh berisi mitra host 'blogger.com'.
Harap masukkan situs web atau URL utama Anda saja (misalnya www.example.com), meskipun Anda memiliki beberapa situs web, domain, dan/atau laman web seluler.
Sebagai pengingat, kebijakan program Google AdSense berlaku untuk situs web yang menampilkan iklan untuk akun Anda.

itu pesannya. mohon solusinya.
mampir juga ke http://abelberbagi.blogspot.co.id/

Balas
avatar

Otorisasi hanya untuk blog non blogspot atau top level domain, kalo masih blogspot jangan diotorisasi tapi di klaim, seperti gambar di atas

Balas

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik artikel diatas, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P0RN0GRAFI, 0BAT, H4CK dan JUD! akan dihapus secara otomatis.