Sampai saat ini monetisasi google adsense adalah salah satu cara mendapatkan uang secara online dari internet menggunakan blog yang paling banyak digemari terutama di indonesia, adsense memang bukan satu-satunya media periklanan yang bisa kita coba, namun adsense mampu memikat kebanyakan para blogger untuk ikut bergabung menjadi publishernya, yang menjadi alasan utamanya karena adsense benar-benar sudah terbukti membayar publishernya dengan baik, adsense adalah salah satu media periklanan milik google yang tentu saja pengelolaanya sangat profesional selain itu komisi yang bisa kita dapatkan dari adsense boleh dikatakan cukup besar.

Untuk beberapa blogger terutama yang baru mengenal google adsense mungkin akan sedikit kebingungan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan google adsense terutama mengenai metode pembayaran google adsense, bahkan tidak sedikit yang bertanya mengenai cara google adsense membayar publishernya terutama untuk publisher indonesia.

Saya pikir pertanyaan seperti itu banyak dipertanyakan terutama untuk blogger yang memang baru mengenal google adsense, karena kalau boleh jujur saya sendiri pun ketika pertama kali mengenal yang namanya google adsense sempat terlintas pertanyaan serupa bahkan sempat dibuat bingung mengenai bagaimana kita dibayar, apakah perlu memiliki rekening bank?, apakah harus punya kartu kredit?, apakah harus punya akun paypal, dan beberapa pertanyaan lainnya, bahkan saya sempat kurang yakin apakah memang benar-benar saya akan dibayar?.

cara adsense membayar publishernya

Seiring dengan banyaknya referensi yang dibaca akhirnya saya tau bahwa adsense itu memang benar-benar membayar publishernya dengan baik dan memang terbukti bukan scam atau tipuan.


Melalui artikel kali ini saya ingin berbagi mengenai hal hal yang berkaitan dengan google adsense terutama cara pembayaran google adsense, sehingga diharapkan anda lebih memahaminya lebih detail.

Apa Saja Syarat Untuk Menjadi Publisher Google Adsense?

Untuk bergabung menjadi publisher google adsense memang tidaklah semudah mengedipkan mata, ada beberapa tahap yang harus anda tempuh, yang paling utama adalah anda diharuskan mengajukan pendaftaran google adsense terlebih dahulu.

Syarat untuk menjadi publisher google adsense memang tidaklah sulit dan sangat mudah sekali, tidak perlu memiliki rekening bank atau akun paypal, tidak perlu kartu kredit atau semacamnya, beberapa persyaratan utamanya adalah sebagai berikut:

a. Usia Anda harus 18 tahun atau lebih

Jika kurang dari 18 tahun maka kemungkinan anda tidak akan pernah diizinkan daftar google adsense.

b. Anda harus memiliki Email.

Syarat berikutnya adalah anda harus memiliki sebuah email, karena google adsense adalah milik google maka mau tidak mau email yang harus anda miliki adalah email dari google atau gmail (google mail).

c. Anda harus memiliki sebuah blog atau situs (Blog gratisan juga bisa)

Anda harus memiliki Sebuah blog atau halaman situs, situs atau blog yang anda miliki bisa blog gratisan atau blog dengan domain sendiri (.net, .co.id, .id, .org, .sch.id dll), jika anda memilih blog gratisan disarankan blog berflatform blogspot, sehingga pendaftaran kemungkinan besar akan mudah diterima, untuk blog gratisan jangan memilih blog berflatform wordpress.com karena kabarnya blog tersebut tidak bisa di integrasikan atau dimonetisasi dengan google adsense.

d. Lakukan pendaftaran (Menggunakan Blog gratisan juga bisa)

Jika blog anda adalah blog gratisan  berflatform blogspot maka anda bisa melakukan pendaftaran melalui blog, setidaknya usia blog agan minimal harus sudah 3 s/d 6 bulan atau lebih, dan sudah terdapat visitor organik atau visitor dari mesin pencari google, agar lebih berpeluang untuk diterima, Untuk melakukan pendaftaran melalui blogspot, sebagai panduan anda bisa baca artikel tentang 2 langkah mudah daftar google adsense melalui blog.

Namun jika blog yang anda gunakan bukan blog berflatform blogspot seperti blog top level domain dengan template wordpress.org, joomla, drupal dan flatform lainnya anda bisa melakukan pendaftaran dengan mengakses situs google adsense secara langsung, disarankan usia blog agan minimal harus sudah 3 s/d 6 bulan atau lebih, dan sudah terdapat visitor organik atau visitor dari mesin pencari google

Bagaimana Cara Google AdSense Membayar Publishernya?

Daftar google adsense meskipun gratis memang tidaklah mudah dan pada umumnya memerlukan waktu, setidaknya memakan waktu satu minggu bahkan ada yang sampai ber bulan-bulan, tergantung dari antrian proses pendaftarannya dan tergantung keberuntungan anda :D.

jika anda berhasil diterima sebagai publisher google adsense maka anda akan mendapatkan akun google adsense, jika daftar menggunakan blog gratisan berflatform blogspot maka akun google adsense anda akan menjadi akun  google adsense hosted, jika blog yang digunakan untuk melakukan pendaftaran selain blogspot maka akun google adsense yang akan anda miliki adalah akun google adsense non-hosted.

Artikel terkait: Perbedaan Akun Google Adsense Hosted dan Non-Hosted

# Bagaimana Cara AdSense membayar Anda?


Setelah Anda berhasil diterima menjadi publishernya, anda akan di beri halaman khusus akun adsense, didalamnya terdapat pengelolaan iklan untuk anda pasang di blog, informasi mengenai pendapatan google Adsense anda (rekening virtual) dll.

Metode yang digunakan adsense adalah PPC (Paid Per Click) atau BPK (Biaya per klik), artinya anda akan dibayar sebesar persentase tertentu manakala iklan google adsense yang anda pasang pada blog anda di klik pengujung blog anda.

Setiap pendapatan google adsense akan direkam dan tercatat di rekening virtual akun google adsense anda, jika pendapatan yang sudah anda peroleh setidaknya sudah 10$ atau lebih maka anda bisa mengatur (setting) metode pembayaran di akun adsense anda, untuk persiapan pencairan pendapatan adsense anda.

# 3 macam metode pembayaran google adsense 

Berikut beberapa metode pembayaran google adsense yang bisa anda pilih:

a. Transfer kawat atau transfer ke bank langsung.

Pengaturan pembayaran metode ini memerlukan kode SWIFT bank, anda bisa meminta ke bank yang ingin anda gunakan untuk pencairan,

Jika anda memilih cara ini maka jika pendapatan anda setidaknya sudah 100$ atau lebih maka setiap tanggal 22, 23, 24 google adsense akan membayar anda secara otomatis langsung di transfer ke bank yang anda tentukan, biasanya akan dikenakan potongan biaya dari mulai 5$ sampai 25$. tergantung administrasi yang berlaku di bank yang bersangkutan.

b. Pembayaran melalui Check ( tidak direkomendasikan).

Anda juga bisa memilih metode check, jika anda memilih cara ini, maka jika pendapatan dari google adsense sudah mencapai 100$ atau lebih, google adsense akan mengirimi anda cek langsung melalui kantor pos, ini memakan waktu cukup lama dan bertele-tele sebaiknya jangan anda pilih metode ini.

c. Pembayaran Melalui Western Union (WU)

Pembayaran tipe ini menurut saya sangat recomended, karena cepat dan tanpa potongan

Jika pendapatan google adsense anda setidaknya sudah mencapai 100$ atau lebih, maka setiap tanggal 22 atau 23 atau 24 bulan yang bersangkutan di akun google adsense anda akan dilampirkan bukti pembayaran dari pihak google adsense yang bisa anda print, didalamnya terdapat jumlah dollar, dan juga kode MCTN (kode atau pin untuk pencairan).

Jika anda memilih pembayaran dengan cara ini, bukti pembayaran dari google adsense bisa anda print, untuk melakukan pencairan anda bisa menuju agen western union setempat, salah satunya adalah kantor pos, anda langsung bisa mencairkan pendapatan adsense anda disana tanpa ada potongan sepeserpun.

informasi lebih detail mengenai pencarian menggunakan  western union atau WU anda bisa baca: Cara Mencairkan Pendapatan Google Adsense Melalui Western Union.


Demikian artikel lengkap mengenai Cara Google Adsense Membayar Publishernya, semoga bermanfaat untuk anda.


8 Komentar

avatar

mantep nih kalo udah gajian,, sayangnya blog ane belum ada adsensenya gan.. mampir ya ke rofiqmedia.tk

Balas
avatar

gan blog ane ini udah 2 bulan review ke dua tapi masih belum dapat email penolakan maupun persetujuan. :( ,,,,bantu dong.

Balas
avatar

Ini salah satu yang sering dikeluhkan para blogger lainnya juga gan.
Pastikan bahwa iklan sudah dipasang pada blog, coba lihat apakah ada ruang kosong di lokasi agan meletakan script iklan jika iya itu tandanya sudah terpasang, biasanya hanya ruang kosong sampai benar-benar diterima sepenuhnya.

Sulit untuk complain, kita hanya menunggu.

Balas
avatar

Gan kenapa ya di blog saya kalau artikelnya dibuka pertama kali iklannya ga muncul terus kalau di refresh jadi muncul? Soalnya ngaruh banget ke earnings nya jadi kecil.

Balas
avatar

gan. blog ane. sdh disetujui. tapi iklannya hanya muncul sekitar 3 jam. setelah itu iklannya belum muncul lagi. bagaimana itu gan?

Balas
avatar

Bang blogspot iklan adsense sempet tayang d blog tp sekitar dua jam kemudian menghilang tiba2 sampai saat ini...mohon pencerahan gan...

Balas
avatar

Normal gan, itu baru lolos review tahap 1, iklan akan muncul jika review tahap 2 lolos

Balas
avatar

Normal gan, masih masa review 2, ditunggu saja sampai ada pemberitahuan lolos atau ditolak, jika dinyatakan lolos iklan akan muncul

Balas

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik artikel diatas, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P0RN0GRAFI, 0BAT, H4CK dan JUD! akan dihapus secara otomatis.