Karakter orang memang berbeda, ada yang senang menjadi karyawan dan ada juga yang tidak nyaman menjadi karyawan termasuk saya sendiri, selama saya mengenal dunia kerja, tidak ada satupun yang dirasa memberikan kenyamanan, tidak merasa cocok, bekerja karena terpaksa, barangkali seperti itulah resiko menjadi karyawan di perusahaan kecil menengah, namun seiring waktu alhamdulilah untuk saat ini saya sudah menemukan jalan usaha sendiri yang saya anggap sangat cocok dan menyenangkan, meskipun penghasilan tidak terlalu besar tapi sudah lebih dari cukup untuk hidup berkeluarga, terutama hati senang dan tanpa ada tekanan dari atasan.

Memiliki usaha sendiri memang cukup menyenangkan bisa dekat dengan keluarga, tidak diperbudak waktu dan initnya tidak ada tekanan dari atasan, namun memulai usaha sendiri atau memulai bisnis dari nol bukanlah perkara yang mudah, perlu strategi, terus belajar, selalu bekerja keras serta pantang menyerah hingga usaha yang kita rintis bisa menjadi sumber penghasilan pokok yang lebih dari cukup.

Untuk menjadi pengusaha memang bisa dimulai oleh siapapun, bahkan tidak sedikit pengusaha yang tidak memiliki pendidikan yang tinggi tapi mampu menjalankan roda bisnis perusahaan yang didirikannya hingga menjadi sebuah perusahaan yang sukses, mereka bisa anda juga pasti bisa.

Jika anda berniat memulai usaha dari awal, berikut beberapa tips yang saya kumpulkan dari beberapa sumber langkah-langkah cara memulai bisnis dari awal yang bisa anda coba:

1. Mencari ide Bisnis

Langkah pertama yang perlu anda lakukan sebelum memulai usaha baru adalah mencari ide bisnis, ide merupakan titik awal atau flatform yang harus anda tentukan sebelum memulai bisnis.

Ide yang paling bagus adalah ide yang sederhana dan jangan pernah anda negatif thingking mengenai ide sederhana yang anda anggap tidak akan menjadi besar, serta jangan juga anda memikirkan bahwa ide yang anda temukan tidak akan berhasil, sebuah ide yang anda temukan bisa jadi sudah difikirkan juga oleh orang lain bahkan mungkin sudah dijalankan, jika seperti itu anda bisa memulai mencari testimoni negatif atau keluhan konsumen dari bisnis tersebut dan perbaiki setiap kelemahannya.

Anda bisa melihat para pengusaha sukses yang mengawali karirnya dari ide bisnis yang sangat sederhana, air minum kemasan misalnya, bahkan tidak terpikirkan sama sekali oleh kebanyakan orang pada akhirnya terbukti menjadi bisnis besar yang sukses, dan terbukti banyak para pelaku bisnis yang mulai terjun di bisnis serupa.

Ide kadang muncul secara tiba tiba, namun untuk menentukan ide yang tepat anda bisa melihat peluang bisnis terdekat yang ada di lingkungan dan pergaulan anda, jika anda punya keinginan keras untuk memulai bisnis pikiran kreatif anda akan cepat merespon dalam mendapatkan bisnis yang cocok untuk anda.

Apapun ide bisnis yang anda tentukan lebih dititik beratkan kepada segala sesuatu yang anda mampu untuk menjalankannya. atau bisa juga anda tentukan ide bisnis yang anda belum bisa sambil belajar menekuninya.

2. Menentukan visi dan Misi

Visi misi sebaiknya anda fikirkan untuk bisnis anda, dengan begitu bisnis anda lebih terarah dan terstruktur sehingga memiliki target yang jelas untuk jangka panjang.


3. Tekad yang kuat dan jangan gengsi.

Langkah berikutnya setelah anda menentukan ide bisnis untuk memulai usaha baru, apapun usahanya baik itu usaha rumahan dengan skala kecil menengah,  yang harus anda tanamkan adalah jangan pernah merasa malu dan gengsi untuk menjalankan bisnis anda.

Satu kendala yang sering hinggap yang dapat membuat bisnis anda hanya sekedar teori saja adalah adanya perasaan malu dan gengsi untuk memulai ide bisnis anda, sehingga anda tidak pernah memulainya, itu bisa jadi karena anda baru perama kali seumur hidup anda mulai merintis bisnis. namun seiring tekad yang kuat jika niat anda sudah bulat apapun bisnisnya baik itu kecil maupun besar, memalukan maupun tidak pasti akan anda coba.

4. Action 

Point terpenting adalah aksi atau menjalankan ide bisnis yang sudah anda tentukan, tanpa aksi apapun ide bisnis yang sudah anda tentukan tidak akan bisa berjalan, berhasil tidaknya tidak akan anda kethui, jika anda sudah bulat menentukan ide bisnis yang cocok untuk anda, mulailah bisnis anda, jangan pernah menunggu-nunggu waktu yang tepat, mulailah dari sekarang karena semua waktu bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. jangan pernah takut gagal, belajarlah dari kegagalan. dan jadikan setiap kegagalan adalah guru yang terbaik.

Pembisnis yang sukses pasti pernah gagal, mereka bisa sukses karena selalu bangkit setiap kali terjatuh, apapun rintangan bisnis yang akan anda hadapi jika anda bisa mengambil pelajaran tentu akan menjadi feed back yang baik untuk bisnis jangka panjang anda .

5. Berusaha mencari pelanggan sebanyak-banyaknya.

Boleh jadi ketika pertama kali memulai bisnis yang menjadi kendala adalah tidak punya pelanggan, anda sendiri yang harus terus-menerus mencari pelanggan, belajarlah terus bagaimana menjaring pelanggan untuk bisnis anda, bahkan terkadang untuk mengawali bisnis anda, anda bisa tawarkan produk anda secara door to door,  jika anda sudah sukses mengetahui trik ini bisa jadi usaha anda akan terus berkembang seiring waktu.

Saya punya teman, dia beberapa kali pernah menjadi karyawan kantoran namun akhirnya keluar, dan dia sudah pernah beberapa kali jatuh bangun memulai berbagai bisnis, kebanyakan tidak berhasil, namun tidak pernah putus asa, karena dipikir hanya bisnislah yang cocok dengan pekerjaannya.

Akhirnya dia menemukan ide baru untuk berjualan kue basah, idenya sangat sederhana dan mudah, hanya bermodalkan resep dari internet dan kemauan serta tidak pernah merasa gengsi akhirnya usahanya saat ini sudah berjalan dua tahun dan mulai merekrut pegawai, yang pada awalnya hanya usaha sampingan bisnis rumahan dan hanya menjual satu produk yang di awali dengan promosi door to door dari toko ke toko penjual kue, akhirnya saat ini orderan perhari kuenya sangat luar biasa, dan sudah berani mencoba inovasi produk baru lainnya.

6. Jangan Putus Asa Belajarlah terus dari ke gagalan

kiat berikutnya adalah, sebuah bisnis pada umumnya tidak akan langsung menjadi besar, bisnis besar pasti dimulai dari kecil hingga menjadi besar, yang harus anda ingat pada prakteknya sebuah bisnis pasti akan mengalami pasang surut, kadang untung besar, bahkan terkadang rugi, dan itu merupakan resiko pembisnis, apalagi anda sebagai bisnis pemula yang baru memulai bisnis dari nol pasti akan mengalami pasang surut juga, jika anda tidak tahan banting dapat dipastikan bisnis anda tidak akan bertahan.

Oleh karena itu disarankan anda tidak putus asa menjalani segala rintangan bisnis,  setiap kendala yang dihadapi sebisa mungkin anda analisa penyebabnya dan terus menerus pelajari sehingga anda menemukan solusi untuk memperbaiki dan mengembangkan bisnis anda.

demikian  artikel sederhana mengenai  Tips Merintis Usaha Kecil menengah yang bisa anda Coba, semoga bermanfaat.
Tag : bisnis

0 Komentar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik artikel diatas, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P0RN0GRAFI, 0BAT, H4CK dan JUD! akan dihapus secara otomatis.