Google adsense adalah media periklanan milik raksasa internet google dengan menggunakan metode CPC Cost per Click (CPC) atau biaya per klik (BPK), artinya kita baru bisa menerima pembayaran jika ada pengunjung blog yang klik iklan yang kita pasang di blog kita, semakin banyak yang klik iklan maka peluang untuk memperoleh dolar dalam jumlah yang banyak akan semakin baik, namun ternyata kadangkala jumlah klik terhadap iklan belum tentu dolar yang diperoleh juga bisa banyak karena parameter besar kecilnya pendapatan google adsense yang akan kita peroleh bukan hanya dari jumlah klik saja, tetapi juga ditentukan oleh besar kecilnya nilai CPC atau BPK, setiap iklan satu dengan iklanlainnya memiliki nilai CPC yang berbeda, tidak ada yang tau secara pasti nilai cpc setiap iklan, hanya advertiser atau pemasang iklan dan google saja yang mengetahui secara pasti berapa nilai cpc sebenarnya untuk setiap iklan mereka.

Ada beberapa kasus yang bisa mempengaruhi besar kecilnya pendapatan adsense, terkadang jumlah klik iklan banyak namun cpc untuk setiap iklan sangat kecil, dan terkadang nilai cpc iklan besar namun jumlah klik sedikit, sehingga pendapatan yang kita peroleh pun tidak terlalu besar. Sebenarnya untuk mengoptimalkan pendapatan google adsense bisa kita upayakan pada 2 faktor saja, yang pertama jumlah visitor blog yang kedua adalah besarnya nilai cpc untuk setiap iklan, jika saja 2 faktor tersebut saling mendukung dapat dipastikan kita akan memperoleh pendapatan google adsense dalam jumlah yang banyak.

Untuk menigkatkan jumlah visitor sepertinya masih bisa kita upayakan dengan berbagai cara, namun yang tersulit adalah mempertahankan nilai cpc kita tidak mengetahui penyebabnya CPC kadang anjlok sampai 0.01 kadang juga tinggi, untuk masalah cpc google sendiri tidak pernah memberikan informasi secara detail bagaimana cara meningkatkan cpc, segala sesuatu yang berkaitan dengan besar kecilnya cpc sepertinya hanya bisa diketahui dari pengalaman masing-masing blogger yang berkecimpung di dunia adsense saja. jika saja visitor dan cpc bisa kita tingkatkan atau setidaknya bisa kita pertahankan tentu peluang untuk menjadi publisher adsense yang sukses bisa tercapai dengan baik.

Penyebab BPK atau CPC Adsense Turun semakin kecil

Jika saja kita jeli menela'ah panduan google adsense barangkali ada banyak point penting yang bisa kita simpulkan mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan masalah nilai CPC, terutama yang mengenai hal-hal yang bisa menyebabkan kenapa CPC atau BPK bisa anjlok, sehingga nilainya sangat kecil sekali. berikut beberapa hal yang disinyalir dapat menurunkan CPC atau BPK google adsense:

1. Blog Terkena Smart Pricing

Memang untuk kasus anjloknya nilai cpc tidak ada yang tau pasti dan google sendiripun tidak pernah menjelaskannya secara gamblang, namun salah satu yang disinyalir bisa menyebabkan cpc anjlok adalah karena blog yang bersangkutan terkena smart pricing, yaitu metode otomatis yang digunakan google adsense untuk melindungi iklan para advertiser dengan memperkecil nilai CPC karena adanya faktor tertentu.
Silahkan anda pelajari mengenai apa itu smart pricing dan bagaimana cara mengatasinya.

2. Banyaknya Sumber visitor dari selain google

Untuk Google adsense google sangat menganjurkan bahwa yang klik iklan adsense yang kita pasang di blog kita mereka datang bersumber dari mesin pencari google (pengunjung organik), jika yang mengklik iklan datang bukan dari mesin pencari misalkan saja dari sosial media atau sumber lainnya selain mesin pencari google, google maka CPC atau BPK untuk setiap iklan akan semakin diperkecil. oleh karena itu agar nilai cpc besar maka diusahakan bahwa setiap visitor yang datang mengunjungi blog kita datang dari mesin pencari, salah satu caranya tentu saja dengan mengoptimalkan optimasi seo blog yang bersangkutan baik itu optimasi seo onpage maupun offpage.

3. Terlalu banyak share artikel postingan ke social media dan semacamnya

Banyak para blogger yang mengupayakan visitor blognya melimpah, salah satunya adalah share artikel ke sosial media baik itu dengan cara berbayar maupun gratis, memang benar share artikel di sosial media cukup efektif untuk meningkatkan visitor ke blog kita, namun sepertinya untuk publisher adsense mencari visitor dengan cara ini kurang efektif apalagi google sendiri hanya menyarankan share artikel blog yang dikaitkan dengan adsense hanya di twitter dan g+ saja, bahkan cara seperti ini disinyalir sangat rentan sekali akun adsense dibanned, karena jika terlalu banyak share atau menyebarkan link adsense apalagi dilakukan secara manual, adsense bisa menganggapnya meminta orang lain untuk mengklik iklan, tentu sangat tidak diperbolehkan dan melanggar kebijakan.

Jika saja banyak sekali share ke social media, maka dapat dipastikan visitor yang mengunjungi blog kita bisa bersumber dari sosial media bukan dari mesin pencari, oleh karena itu jika pengunjung datang dari bukan mesin pencari google, maka nilai CPC google adsense akan semakin kecil, semakin banyak artikel yang dishare maka peluang pengunjung dari sosial media akan semakin banyak pula, dan semakin banyak pengunjung blog yang bersumber dari sosial media, nilai CPC google adsense akan semakin kecil.

Oleh karena itu, untuk menigkatkan nilai CPC sebaiknya kurangi share artikel ke sosial media apapun itu, atau kalo memungkinkan jangan pernah share artikel di sosial media manapun, itu yang menurut saya sangat efektif meningkatkan nilai CPC, jika tidak percaya silahkan anda buktikan sendiri kemudian bandingkan, semakin banyak pengunjung organik nilai cpc akan semakin meningkat.

4. Iklan tidak relevan

Untuk kasus yang satu ini juga dianggap bisa memperkecil CPC, artinya iklan yang muncul tidak relevan dengan topik artikel blog, untuk kasus ini memang bukan kehendak kita, karena kita tau bahwa iklan google adsense di generate secara otomatis oleh mesin adsense itu sendiri, apa yang bisa kita upayakan adalah menyajikan niche blog fokus, sehingga topik blog jelas dan ini bisa meningkatkan iklan yang muncul relevan dengan topik blog tersebut.

5. Banyaknya klik iklan yang dilakukan dari 1 IP yang sama

Banyak sekali cara yang dilakukan pengunjung untuk mengklik iklan adsense, kadang ada diantara mereka yang melakukan klik secara natural karena memang benar-benar tertarik dengan iklan yang ditayangkan, tidak sedikit juga pengunjung yang klik iklan secara terus menerus, baik itu hanya sekedar iseng atau dengan tujuan intimidasi dari pesaing, bahkan tindakan seperti itu bisa menjadi bom klik yang bisa menyebabkan akun adsense dibanned, tindakan seperti itu memang tidak bisa dihindari, namun teknologi adsense untuk menjaga advertiser dari tindakan yang merugikan seperti itu bisa mendeteksi secara baik, sehingga jika terjadi tindakan semacam itu adsense akan melindungi iklan advertiser dengan memperkecil nilai CPC iklan yang bersangkutan.

Memang setiap publisher tidak ada yang tau secara pasti mengenai Penyebab BPK atau CPC Adsense Turun semakin kecil, apa yang diketahui semuanya berangkat dari pengalaman dan terus bereksperimen dan mempelajari adsense secara baik, sehingga pada akhirnya rahasia adsense bisa saja terungkap, dan peluang kita bisa menjadi publisher sukses google adsense bisa tercapai. semoga bermanfaat.

7 Komentar

avatar

Terlalu bersemangat share artikel juga berbahaya. Apalagi kalau moderator atau admin-nya "galak-galak". Banyak sahare artikel di g+ juga rentan kena peringatan g+. Walhasil, terima kasih untuk sharig artikelnya. Maklum, masih sedikit sekali klik iklan

Balas
avatar

klo ane masalahnya RPM nya yang turun terus... itu kenapa ya?

versmed.blogspot.com

Balas
avatar

saya bahkan belum ngerti cpc rtm atau apapun dari istilah google adsense. haha soalnya masih review 2 blm full aprove.semoga aprove dan bisa mengikuti postingan adslab.terimakasih sblmnya

Balas
avatar

beginilah nasib blog indo.. CPC rendah..

Balas
avatar

tgl 6-12-15,,, 32 pengunjung klik 1 rpm 43950 lumayan,,,tingkatkan upload video ahh.. 4 video ditambah..
Pengunjung naik terus terakhir,,,
Tapi ada yg aneh....rpm melorot
Terakhir tgl 16-12-15 pengunjung 108 klik 4 ,,rpm nya cuma 3960,,,jiahh makin nambabah video makin banyak pengunjung n klik...tapi rpm nya tapi rpmnya melorot 4000% alias pengunjung meningkat 4x lipat,,,pembayaran turun 1000%,,, apa maksud youtube...
Cuma nyemangatin awal...ujung2 bayarannya 10000 pengunjung 10000 rupiah...rendah sekali nih...tolong solusinya master... :D

Balas
avatar

Sangat dipengaruhi oleh rata-rata pengunjung melakukan klik iklan semakin sering pengunjung klik iklan maka rpm akan semakin meningkat, itu diluar kendali kita.

yang bisa kita upayakan terutama untuk blog adalah meletakan iklan di tempat-tempat strategis yang dapat memancing pengunjung tertarik untuk mengklik iklan

Balas
avatar

makasih , sangat membantu ditengah kebingungan ini

Balas

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik artikel diatas, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P0RN0GRAFI, 0BAT, H4CK dan JUD! akan dihapus secara otomatis.