Adsense saat ini masih menjadi media periklanan favorite di dunia, untuk dunia bisnis online khususnya di indonesia, pemain adsense datang dari berbagai kalangan blogger, ada yang sudah mahir dengan dunia blog dan mengenal apa itu google adsense?, namun ada juga yang masih awam mengenal dunia blog dan juga google adsense, jangankan mengelola adsense pengetahuan blognya juga ada yang benar-benar masih awam, saya mengambil judul artikel mengenai cara Memasang Kode unit iklan adsense agar muncul disemua postingan, mungkin judulnya sedikit aneh bagi blogger yang mahir, tapi saya sengaja mengambil judul seperti itu diperuntukan untuk blogger yang baru mengenal dunia blog dan adsense, karena  ternyata memang banyak diantara para blogger mereka berhasil diterima namun mereka masih bingung bagaimana mengelola iklan adsense yang sudah mereka miliki, berawal dari informasi google webmaster tool untuk search query, saya kebetulan mendapatkan query kurang lebih seperti query diatas, jadi ya saya putuskan saja untuk mengambil judul diatas, siapa tau memang banyak yang lagi mencari dengan kata kunci yang tepat sesuai judul diatas, terutama untuk para pemain baru di dunia AdSense.


Bagaimana Cara Memasang Kode Unit Iklan AdSense agar muncul disemua postingan

Sebenarnya untuk memasang kode unit iklan AdSense ada dua cara yang bisa kita pilih, kedua cara tersebut tentu saja secara otomatis akan membuat iklan adsense anda muncul di semua halaman postingan, cara pertama adalah dengan menggunakan widget, cara kedua yaitu dengan memasukan kode unit iklan adsense langsung pada template blog yang bersangkutan, cara pertama tentu saja menurut saya adalah cara yang paling mudah, dan bisa anda coba namun barangkali jika kita memilih cara pertama kelemahannya adalah iklan adsense hanya bisa kita pasang sesuai dengan area-area template yang bisa kita pasang widget, kita tidak bisa memasang iklan sesuka hati karena widget pada umumnya hanya bisa kita pasang di area-area tertentu saja sesuai dengan template blog yang anda gunakan.

Namun lain halnya dengan cara kedua, kita memasang kode unit iklan adsense dengan cara di tempel didalam template blog, cara ini menurut saya cara yang paling dinamis yang bisa anda pilih, karena iklan adsense bisa ditempatkan di mana saja sesuai dengan lokasi yang Anda inginkan, berikut adalah cara memasang kode unit iklan adsense agar muncul disemua postingan:

1. Cara Memasang Iklan Adsense melalui Widget

Cara ini adalah cara yang paling mudah dan cepat, untuk memasang iklan dengan cara ini, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Masuk ke akun adsense anda, kemudian kopikan kode unit iklan adsense yang ingin anda pasang.

b. Masuk ke akun blogger Anda , silahkan pilih blog anda yang akan dipasangi kode unit iklan adsense.

c. Pada bilah menu sebelah kiri pilih menu "Tata Letak"

d. Pada tata letak layout blog anda, silahkan pilih tata letak lokasi yang akan anda pasang iklan adsense anta, tekam tulisan "Tambahkan Gadget".

e. Pada dialog yang muncul yang menampilkan daftar gadget, silahkan anda cari dan pilih gadget "HTML/Javascript"

f. Paste kode unit iklan adsense pada kotak isian yang disediakan, kemudian jangan lupa tekan tombol "Simpan".

Anda bisa memilih lokasi lainnya  untuk dipasangi kode unit adsense menggunakan cara-cara diatas, silahkan pilih lokasi lainnya, sebaiknya untuk ke amanan pasang iklan paling tidak sampai dengan 3 iklan saja dengan variasi.

Sampai tahap diatas diatas berarti anda sudah berhasil memasang kode unit iklan adsense pada blog anda menggunakan widget, dan iklan secara otomatis akan muncul di setiap halaman artikel atau postingan.


2. Cara Memasang Kode Unit iklan AdSense melalui Kode Template Blog

Untuk cara kedua ini, adalah cara yang menurut saya paling dinamis, karena iklan bisa dipasang dimanamun sesuai dengan yang anda inginkan, namun jika anda menggunakan cara ini, kode unit iklan adsense harus anda parsing terlebih dahulu, tujuannya adalah agar kode unit iklan adsense dapat diterima oleh template blog yang anda gunakan, jika tidak pada umumnya iklan adsense akan ditolak, error tidak dapat disimpan, karena mengandung karakter yang tidak diizinkan oleh kode template blog.

Untuk cara kedua ini, misal saya akan coba memasang kode unit iklan adsense, di atas postingan dibawah judul dan dibawah setelah postingan. langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

I. Cara Memasang iklan adsense di atas postingan.

Untuk memasang iklan adsense di atas postingan dibawah judul, mau tidak mau cara ini harus ditempuh dengan cara menempelkan iklan pada template blog, karena widget tidak tersedia untuk meletakan iklan didalam postingan, dan ingat untuk cara ini iklan harus anda  parse terlebih dahulu agar bisa diterima template blog,  langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Masuk ke akun google adsense anda, kemudian pilih dan kopikan kode unit iklan adsense yang anda ingin gunakan.

b. Parse kode tersebut, caranya, silahkan anda masuk ke freeformater.com, silahkan anda kopikan kode unit iklan adsense anda pada kotak yang sudah disediakan, dan tekan tombol parse, anda akan mendapatkan kode unit iklan adsense anda diparse, biarkan kode hasil parse kita parkir dulu disana.

c. Sekarang, silahkan anda masuk ke Akun blog anda, pilih blog anda, dan pada bilah menu sisi kiri, silahkan anda pilih, menu Template kemudian tekan tombol "Edit HTML" untuk menampilkan mode editor HTML.

d. Lakukan pencarian dengan menekan tombol CTRL+F, kemudian cari kode <data:post.body/>

e. Ambil kode unit iklan adsense hasil parse di blogcrowd.com,

f. Letakan kode adsense tersebut, tepat diatas kode <data:post.body/> , dengan menggunakan kode html berikut ini:
<div style='margin:20px'> 
Letakan kode unit iklan adsense hasil parse disini
</div>

Simpan template anda, sampai tahap diatas berarti anda sudah berhasil memasang iklan adsense tepat diatas postingan setelah judul, dan iklan secara otomatis akan muncul di semua postingan.

II. Cara Memasang Iklan Adsense di bawah setelah Postingan

Hampir sama seperti cara-cara diatas, langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Masuk ke akun google adsense anda, kemudian pilih dan kopikan kode unit iklan adsense yang anda ingin gunakan.

b. Parse kode tersebut, caranya, silahkan anda masuk ke Blogcrowd.com, silahkan anda kopikan kode unit iklan adsense anda pada kotak yang sudah disediakan, dan tekan tombol parse, anda akan mendapatkan kode unit iklan adsense anda diparse, biarkan kode hasil parse kita parkir dulu disana.

c. Sekarang, silahkan anda masuk ke Akun blog anda, pilih blog anda, dan pada bilah menu sisi kiri, silahkan anda pilih, menu Template kemudian tekan tombol "Edit HTML" untuk menampilkan mode editor HTML.

d. Lakukan pencarian dengan menekan tombol CTRL+F, kemudian cari kode <data:post.body/>

e. Ambil kode unit iklan adsense hasil parse di blogcrowd.com,

f. Letakan kode adsense tersebut, tepat dibawah kode <data:post.body/> , dengan menggunakan kode html berikut ini:
<div style='margin:20px'> 
Letakan kode unit iklan adsense hasil parse disini
</div>

Simpan template anda, sampai tahap diatas berarti anda sudah berhasil memasang iklan adsense tepat dibawah setelah postingan, dan iklan secara otomatis akan muncul di semua postingan.

Apapun yang anda pilih untuk melatakan kode unit iklan adsense, perhatikan juga jumlah dan kombinasi iklan adsense yang sebaiknya anda pasang pada blog anda, kedua cara diatas bisa anda coba namun anda harus tetap memperhatikan aturan main google adsense, jika tidak akan berefek ke akun google adsense anda, resiko terbesarnya adalah banned, untuk artikel tambahkan saya sarankan silahkan baca juga: 11 penyebab banned pada google adsense.

Demikian yang bisa saya share tentang  Cara Memasang AdSense agar muncul disemua postingan, semoga bermanfaat.


70 Komentar

avatar

duh manfaat btul ni,,, smoga bsa meingkatkatkan pndapatan ya...
mungkin tmen2 juga perlu cek ini http://adsensecooler.blogspot.com/2015/03/tips-mendapatkan-approval-google.html ini sangat pnting jka anda ingin mndapatkan akun adsense

Balas
avatar

Terima kasih Infonya Bro, izin ikut menerapkan ya. hehe

Informasi Lowongan Kerja Terbaru BUMN, BANK, Persero, Swasta, & Berbagai Perusahaan Besar di Indonesia : http://expocpnsbumn.blogspot.com/

Balas
avatar

thanks saya juga lgi nyoba adsense semoga ajaa sukses

Balas
avatar

sedang mencoba adsense juga ni mas
mohon masukkannya

http://arahblogg.blogspot.com/

Balas
avatar

Dengan adanya artikel Anda itu saya jadi bisa terbantu... Terima kasih atas artikel panjangnya..
Jika berkenan untuk melihat blog saya, disini www.golifer.com

Balas
avatar

gan.. iklan GA agan tidak tampil jika di buka lewat smartphone (saya menggunakan samsung grand neo dg browser googlechrome).
Hal ini sama sperti kasus iklan GA saya. Apakah agan punya solusi agar iklan bs tampil.
Zaman sekarang hampir setengahnya pengguna internet menggunakan smartphone, jadi sayang bgt klo iklan gk tampil d perangkat smartphone.

Balas
avatar

Karena blog menggunakan setingan mobile dari bloggernya, jadi bukan menggunakan template responsive, jika setingan blog untuk mobile menggunakan setingan blog maka iklan ga yang kita tempel di template tidak akan tampil kecuali agan seting iklan ga nya pake widget, (menu penghasilan > tampilkan iklan pilih Ya dan pilih peletakan iklan) namun iklan tidak bisa di customisasi. kecuali pake template responsive.

Balas
avatar

Boleh dicoba nih, makasih sharenya

Balas
avatar

Maaf Komen Anda terpaksa dihapus!

avatar

makasih mas untuk panduannya.. oiya jika mau dipasang di tengah artikel gimana ya,,, kebetulan mau pasang di blog baru saya http://www.idmedis.com. oiya kenapa ya iklannya tidak muncul setelah saya ganti domain dari blogspot.com ke TLD..

Balas
avatar

Untuk memasang iklan adsense ditengah postingan agan bisa baca:
http://strukturkode.blogspot.co.id/2015/04/cara-meletakan-iklan-adsense-di-tengah-artikel-postingan.html

oh ya jika domainnya di migrasi jadi TLD agan harus lakukan otorisasi di akun adsensennya untuk domain TLD baru agan, agar akun ads nya menjadi non-host serta bisa dipasang di domain TLD

Balas
avatar

cara nu ka hiji pasti. mung akang panasaran nu kadua sareng nu katilu, weleh teu jalan di blog akang mah yi. duka teuing naon masalah na, padahal nu diangge templet candakan.

Balas
avatar

Error atau gimana gan, kalo error jangan lupa barangkali kode iklan adsensenya belum di parse.

Balas
avatar

duh, si ayi mah, ka akang teh meni manggap pikun, make hilap ngparser sagala.
error hnteu. ngan just like unmodified weh. nya sok sanaos can aya iklan na kan kedah na pangaruh di div ge tos ngajantenkeun si paragrap awal lebet. ieu mah hnteu.
panginten kedah sabar nya, wios ah ke we diparios deui. nyantei

Balas
avatar

terima kasih artikelnya ga... sukses selalu buat blognya.

Balas
avatar

saya ingin memasang adsense agar terlihat di sudut kiri atas postingan, dan di tengah. Saya sudah pasang kode adsense agar muncul di tengah postingan, dan berhasil. Lalu Saya gunakan trik/cara di atas, tp tampaknya justeru adsense yang di tengah TIDAK MUNCUL (hilang). Gimana ya agar iklan adsense muncul di sudut kiri atas posting dan di tengah posting? Trims

Balas
avatar

terima kasih gan artikelnya..sudah cari kesana kemari cuma disini ane dpt pencerahan..good job!

Balas
avatar

Kenapa saya gunakan cara ini di blog sy kok tidak muncul ya untuk dibawah postingan..mohon bantuanya dong..tks

Balas
avatar

bermanfaat gan ilmunya, oya untuk menempatkan diatas di "datapostbody" saya kebingungan gan, karena "datapostbody" ke 2 dan ke 3 sudah diedit saat membuat "readmore" otomatis gan, mohon bimbingan dan infonya gan, trima kasih banyak

Balas
avatar

Coba letakan di kode <data:post.body lainnya, test satu-satu semoga bisa berjalan

Balas
avatar

Mas bisa coba letakan di kode <data:post.body lainnya.

Oh ya sebelum menggunakan kode iklan ads aslinya, mas bisa coba dengan menggunakan kode iklan tiruan, bisa menggunakan div dengan pengaturan css lebar,tinggi sesuai iklan, jika sudah kelihatan bisa diganti dengan kode iklan aslinya.

Balas
avatar

makasih gan infonya sangat bermanfaat.. kbtulan z sementara mendaftar adsense. tapi kok iklannya nga muncul gan.. kira2 penyebabnya apa ya gan.??
ini laman blog saya, tugaskuliah15.blogspot.com

Balas
avatar

Sepertinya masih proses review 2 mas, iklan akan muncul jika review2 lolos

Balas
avatar

gan kenapa di website saya iklan nya gk muncul

Balas
avatar

apakah adsennya sudah full approve, jika iklan hanya ruang kosong berarti masih tahap review

Balas
avatar

gan sdh saya coba opsi no 1, tapi kok masih belum muncul ya iklan nya di blog ane, tksh

Balas
avatar

Akun ads agan masih tahap review barangkali.

Balas
avatar

tanya Bolh? apa iklan adsense harus aktif. saya dah miliki ode tapi saat copas di blog tampilan kosong. Yang paling dasar apa kode adsen harus aktif? makasih

Balas
avatar

Harus aktif dan harus sudah full approve, dikatakan sudah full approve jika pendaftaran agan sudah diterima sepenuhnya ada pemberitahuan via email

Balas
avatar

masa saya mau tanya,saya gk tau cara pembayaran dan memasang iklan di blog atau website orang lain. bisa di jelaskan mas ? trimakasih ...

Balas
avatar

Terimakasih infonya... Alhamdulillah acount udah di aprove.. tinggal memanajemennya... :)

Balas
avatar

Tinggal dipasang saja kode iklannya, kemudian nanti di claim di akun adsensenya gar pendapatan dan klik di akui,
agan bisa baca:
http://adsense-lab.blogspot.co.id/2016/02/cara-pasang-adsense-di-banyak-blog.html

Balas
avatar

saya masih bingung ini saya udh masuk review ke berapa soalnya pada daftar kemarin itu ga ada email konfirmasi kalau saya sudah masuk tahap berapanya dan tidak ada perintah masukin kode iklan. yang jelas saya sudah bisa login akun adsense dan bisa buat unit iklan. sebaiknya apa yang harus saya lakukan, langsung masukin kode iklan seperti cara diatas atau biarkan dulu aja. mohon bimbingannya.

Balas
avatar

gak fungsi parsenya kenapa ya gan?

Balas
avatar

untuk parse coba disitus ini: http://www.freeformatter.com/html-escape.html

Balas
avatar

Informasinya sangat membantu,terima kasih mas. Akun saya baru diterima di google adsense dan saya masih bingung memasang iklan nya. Setelah baca artikel ini menjadi terbantu.

Balas
avatar

Bagaimana nih gan, 3 tahun lalu pernah saya daftarkan adsense blog saya tapi ditolak krn isinya tdk original, beberPa hari yg lalu saya coba daftar lagi, ternyata di terima dan sudah email nya meminta saya pasang iklan, cuma saya khawatirnya klw sudah pasang terus dibanned.....

Balas
avatar

Selama mas pasang iklan sesuai kebijakan tidak apa-apa mas, mas bisa baca:
http://strukturkode.blogspot.co.id/2014/10/jumlah-maksimal-iklan-adsense-dalam-satu-halaman.html

Balas
avatar

Selama mas pasang iklan sesuai kebijakan tidak apa-apa mas, mas bisa baca:
http://strukturkode.blogspot.co.id/2014/10/jumlah-maksimal-iklan-adsense-dalam-satu-halaman.html

Balas
avatar

Gan mau tanya, sudah 1 bln lebih review kedua 2 dari adsense di blog saya belum ada kabar, dan sampai sekarang status permohonan juga blm jelas... mungkin tahu permasalahanya... mohon bantuanya
trims

Balas
avatar

Keputusan sepenuhnya ada di pihik google gan, terus saja posting artikel gan.

semoga cepat mendapatkan keputusan

Balas
avatar

Terima kasih...sangat bermanfaat untuk saya yang baru belajar dan baru mengenal adsense, baru aja daftar dan tinggal menunggu hasilnya diterima atau tidak, hehee...

Balas
avatar

Gagal mas, saya tetep gagal ga bisa lihat iklan nya

Balas
avatar

Apakah akunnya sudah full approve mas atau masih prises review?, full aprove jika mas sudah menerima email dari google bahwa iklan sepenuhnya sudah diterima

Balas
avatar

Salam Kenal gan, maaf izin share artikel ya, sekalian mau minta tolong silahturahmi ke blog kami, minta masukan dan sarannya wandiashop.blogspot.com (maklum newbie :) :)) biar bisa dapat uang banyak seperti Agan AdSense Lab :) :), terima kasih Wandia

Balas
avatar

wah, adsense-lab juga ternyata adminnya mas agan didin ajidin, salam kenal mas. Blog mas didin memang mantap terutama dari segi SEO. sharing ilmu seo nya dong

Balas
avatar

saya masih menunggu restu adsen mas....

Balas
avatar

mau nanya dong plis di jawab ya..blog saya kan udah lama, saya baru aktifkan lagi dgn memposting sebuag artikel. trus ane mau pasang iklan adsense, udah coba tapi di dasbor dan tata letak ga muncul pendaftaran adsense..gimana tuh?

Balas
avatar

saya udah pasang code iklan tapi gak mau muncul kenapa ya

Balas
avatar

terima kasih atas petunjuk nya master,setelah saya coba alhamdulillah iklan adsenses muncul di semua postingan saya,luar biasa

Balas
avatar

sudah berhasil belum mass penungguannya ?

Balas
avatar

Pendaftaran harus dipastikan diterima dulu (akan ada pemberitahuan melalui email diterima/ditolak) jika sudah diterima iklan akan muncul.

Balas
avatar

Pastikan bahwa pendaftaran sudah di terima sepenuhnya (pemberitahuan via email) jika tidak iklan tidak akan muncul

Balas
avatar

punya saya sampai sekarang iklan nya masih belum mmuncul jadi gimana ya min.....ada solusi gak ya..............atau masih menunggu persetujuaan GA kali ya Min...........thanks ya min atas artikel diatas.

Balas
avatar

Betul gan, sepertinya seperti itu, lama tidaknya sangat ditentukan oleh seberapa sering google bot mengcrawl blog agan, adsense akan mendapatkan informasi blog agan yang dibutuhkan untuk menilai layak-tidaknya.

semakin banyak pengunjung dan pageview blog akan lebih cepat dapat keputusan

Balas
avatar

Saya mau tanya gan bagaimana jika dalam template tidak ada tag ? Sebab sampai saat ini saya cari tags tersebut tidak saya temui dalam template default Blogger. Tolong gan dibantu... terimka kasih

Balas
avatar

di blog seharusnya ada.

klik editor html nya lalu tekan CTRL+F untuk mengaktifkan fasilitas pencarian.

pastikan bahwa fasilitas pencarian yang digunakan bukan pencarian browsernya, tapi editor templatenya

Balas
avatar

malem gan.. saya punya blog, sudah saya daftarin dua kali, eh di tolak dua kali juga sama om adsense.. saya sudah pakai TLD, ada sekitar 45 an artikel berbahasa indonesia,,

apa mungkin karena ada adfly sama iklan pop up nya ya gan ? apa di ilangin semua dulu baru coba daftar ? mohon saran dan masukanya gan,, terima kasih banyak,, salam yuntoroblog.com

Balas
avatar

Lebih baik ketika didaftarkan dan selama masa review iklan selain adsense dicopot dulu gan.
Banyak yang menyarankan demikian dan hasilnya sama ketika iklan terpasang ketika didaftarkan banyak yang mengalami penolakan.

Balas
avatar

malem... saya baru buat blog nih pengen masang juga tapi akun adsense nya belum terverifikasi, pengen coba2 taro ntar .

Balas
avatar

mas, kalau buat ads unit nya. itu di buat dulu ads unit nya smpai aktif(persetujuan GA) atau kita buat trus copy code nya dan masukkan ke blog?
mohon pencerahaannya mas. tks

Balas
avatar

Malem juga mas sehva, semoga cepat full approve adsennya mas.

Balas
avatar

Ads unit bisa mas buat dan diletakan di blog setelah lulus review 1. untuk menuju review 2. jika review 2 diterima berarti mas berhasil menjadi publisher adsense.

Balas
avatar

sudah saya pasang kok nggak muncul iklannya ya...

Balas
avatar

o ya mau tanya nih ,sebetulnya satu postingan itu bisa dipasangi iklan adsense berapa paling banyak gan..?

Balas
avatar

Dulu 8 iklan dengan aturan 3 iklan baner, 3 link dan 2 pencarian, kabar terbaru iklan saat ini bisa dipasang tanpa batasan namun iklan yang tampil akan menyesuaikan dengan panjang pendeknya konten

Balas
avatar

Pastikan pendaftaran sudah full approve/diterima sepenuhnya, jika iklan masih baru maka akan blank beberapa saat, tunggu saja beberapa jam kemudian lihat lagi.

Balas

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik artikel diatas, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P0RN0GRAFI, 0BAT, H4CK dan JUD! akan dihapus secara otomatis.