Tips Aman Sebelum anda Belanja secara Online - Semakin berkembangnya teknologi informasi menjadi peluang baik untuk para pembisnis dalam memasarkan produknya, mereka dapat memasarkan produknya bukan hanya secara offline namun juga secara online, ada beberapa kelebihan yang dapat diambil jika kita memasarkan produk secara online, dapat menjangkau seluruh area, mudah untuk promosi dan masih banyak lagi, berjamurnya toko online membuat para konsumen lebih memilih belanja secara online disamping simple juga bisa dianggap praktis, namun dibalik itu semua banyak orang yang tidak bertanggung jawab membuat toko online palsu, apa yang mereka lakukan tujuannya tentu saja mendapatkan keuntungan yang sangat banyak tanpa harus pusing-pusing mengeluarkan modal, ada banyak sekali toko online palsu yang betebaran diinternet, konsumen harus selalu berhati hati dan lebih selektif jika memutuskan berbelanja online, berikut beberapa tips agan kita sebagai konsumen.

1. Jangan tergiur dengan Harga Murah

Banyak sekali toko online yang beredar di internet namun tidak sedikit juga diantaranya adalah toko online palsu, ketika kita memutuskan untuk belanja online jangan sekali-kali tergiur dengan harga murah yang ditawarkan, jika anda kebetulan pemula kemudian anda melakukan searching di internet untuk mencari barang yang anda beli, sebaiknya cek terlebih dahulu harga pasar untuk yang anda beli tersebut, jika anda sudah yakin dengan harga yang ditawarkan, barulah anda cari toko online yang menjajakan barang tersebut, jika anda menemukan toko online yang membanting harga jauh dibawah harga standar untuk barang tersebut, sebaiknya anda jangan langsung tergiur, karena beberapa toko online penipu mengelabui korbannya dengan menawarkan harga yang sangat murah bahkan mereka berani mematok harga dengan sangat murah bahkan ada yang mematok harga hampir lebih dari 50% lebih murah dibandng dengan harga aslinya.

2. Carilah toko online dengan alamat terdekat dikota anda

Jika memungkinkan, untuk belanja online carilah toko online yang terdekat dengan kota anda, ini untuk mengantisifasi penipuan dan memastikan bahwa toko online tersebut benar adanya, pada umumnya toko online memasakan produknya bukan hanya secara online juga secara offline, sebelum anda memutuskan berbelanja secara online, cek terlebih dahulu alamat lengkap toko online tersebut, cari informasi alamat lengkap toko online tersebut dan jika perlu tanyakan alamat kantornya, ini akan berguna untuk anda apalagi anda berbelanja untuk jangka panjang terhadap toko online yang dimaksud, dengan demikian jika memang benar adanya anda bisa lanjutkan untuk berbelanja.

3. Mulailah belanja dengan jumlah sedikit

Jika anda sudah memastikan bahwa toko online yang anda maksud memang benar dan meyakinkan anda bahwa toko online tersebut bukan toko online penipu, untuk belanja di toko online tersebut, mulailah dengan jumlah yang sedikit, jika memang toko online tersebut terpercaya anda mungkin bisa berlangganan untuk jangka waktu yang lama.

4. Carilah Toko online yang sudah terkenal dan terpercaya

Bnayak sekali bertebaran toko online yang sudah memiliki reputasi dan kepercayaan dikalangan pelanggan, pada umumnya toko online tersebut memiliki modal yang luar biasa dan promosi yang mereka lakukan biasanya melalui media televisi atau media cetak, jika barang yang anda cari ada di toko online tersebut, sebaiknya anda belanja di toko online yang sudah mendapatkan kepercayaan tersebut.
Saat ini banyak sekali toko online yang mulai mempromosikan eksistensinya di media-media cetak maupun elektronik, itu menandakan toko online tersebut serius dan profesional, jika anda harus memilih, pilihlah toko online seperti itu untuk anda belanja secara online.

5. Jangan pernah bertransaksi online menggunakan komputer publik

Jika anda memutuskan untuk belanja online dan anda sudah fik untuk belanja disalah satu toko online tersebut yang mengharuskan anda memasukan data-data pribadi keuangan anda, sebaiknya jangan pernah menggunakan komputer publik seperti di warnet atau di komputer kantor yang dipake bersama-sama itu untuk menghindari pencurian data dan hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya gunakan komputer pribadi atau komputer yang anda gunakan untuk keluarga atu diri anda sendiri.

6. Pilihlah toko online dengan TOP Level Domain

Jika anda memutuskan untuk belanja secara online, pastikan toko online yang anda kunjungi adalah toko online dengan TOP LEVEL DOMAIN, top level domain yaitu toko online dengan akhiran .COM, .ORG, .CO.ID dan top level domain lainnya, meskipun toko online dengan domain ltd tidak menjamin bahwa toko online tersebut terpercaya, dan harus diingat tidak sedikit toko online dengan top level domain terbukti penipu. setidaknya itu bisa menjadi salah satu tolak ukur anda untuk memilih toko online yang memang benar-benar terpecaya.

7. Pilihlah situs toko online yang dilengkapi Secure Sockets Layer (SSL)

Apa arti dari sertifikat itu? Sertifikasi ini menunjukkan bahwa sebuah situs telah menggunakan keamanan Secure Sockets Layer (SSL). Jika tempat Anda berbelanja tak menawarkan SSL, sebaiknya Anda mencari tempat belanja lainnya. situs dengan ssl biasanya nama situs diawali dengan tanda https: bukan http, situs tersebut akan lebih aman untuk bertransaksi jika dibandingkan dengan situs tanpa SSL.

Anda sangat disarankan hanya berbelanja di situs atau penjual online yang menawarkan transaksi aman. Beberapa situs menampilkan label ‘certified secure’ dengan logo atau sertifikat online yang muncul di laman situs atau saat Anda hendak membayar. Sertifikat kemanan yang bisa dipercaya saat ini umumnya dikeluarkan oleh beberapa organisasi ternama seperti Verisign, DigiCert dan Go Daddy.


8. Nilai Kreditibilitas Penjual

 Jangan terburu-buru untuk berbelanja, sebaiknya sebelum berbelanja anda lihat dan perhatikan kredibilitas toko online anda, anda bisa melihat review produk yang ditawarkan, kemudian juga anda bisa melihat testimoni dari beberapa pelangan yang pernah belanja ditoko online tersebut, silahkan cek satu persatu, apabila review yang diberikan bagus, mungkin itu bisa dijadikan salah satu ukuran bahwa toko online tersebut bukan penipu. dan jika review yang dibelikan sebaliknya maka sebaiknya tinggalkan toko online tersebut dan cari lagi yang lainnya yang lebih dipercaya.

9. Identifikasi lebih dalam Toko online Yang baru anda kunjungi

Untuk mengidentifikasi keaslian toko online dan bukan penipu, coba anda cari informasi lebih dalam tentang toko online tersebut, lihat informasi bio data toko online tersebut, dari mulai alamat lengkapnya, email yang bsa di kunjungi telepon yang bisa dipakai, pilihlah toko online yang menyakijan no tlp kantor, no hp, pin BB, dan alamat yang sangat lengkap, kota lokasi offline toko tersebut, Rekening bank yang digunakan, akan lebih baik rekening bank yang digunakan adalah rekening prusahaan bukan rekening pribadi, jika anda menemukan toko online yang anda anggap jujur, lanjutkan dengan mengidentifikasi toko online tersebut,

Biasanya jika toko online tersebut banyak mengecewakan para pelanggannya, baik itu berupa penipuan maupun hal-hal negatif lainnya, akan banyak para pelanggan yang share mengenai penipuan tersebut, sebaiknya anda cari tau, cobalah cek menggunakan pencarian google, cari dengan menggunakan kata kunci "Daftar toko Online penipu" atau cari dengan kata kunci "Nama Toko online ditambah dengan Penipu atau bukan".

10. Gunakan Toko online menurut rekomendasi keluarga atau teman dekat yang anda percaya.

Jika anda senang belanja online, sebaiknya anda meminta rekomendasi teman, kerabat, sahabat atau keluarga yang anda percaya, carilah informasi dari mereka yang pernah belanja atau bertransaksi di toko online tersebut, jika referensi toko online tersebut baik, maka anda bisa langsung melanjutkan belanja di toko online tersebut.

11. Masukan biodata anda secara lengkap ketika melakukan transaksi

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, hati-hatilah ketika melakukan transaksi online terutama untuk alamat pengiriman barang yang akan anda terima, gunakan alamat yang mudah dijangkau, dan berikan alamat selengkap-lengkapnya termasuk no telepon yang bisa dihubungi, itu untuk mengantisifasi pengiriman barang yang salah tujuan.

 12. Simpan Bukti transaksi online anda

Setelah anda melakukan transaksi online, pada umumnya ada beberapa transaksi yang bisa kita pilih, pembayaran bisa menggunakan transfer bank, sebaiknya setelah anda melakukan pembayaran, untuk mengantisifasi kemungkinan buruk, simpan bukti transaksi anda baik itu bukti transfer bank maupun bukti setoran bank. atau bukti-bukti terkait lainnya.


Inti dari semuanya adalah ketika anda melakukan belanja secara online selektiflah dalam memilh toko online yang memang memiliki kredibilitas terpercaya, jangan mudah tergiur iming-iming yang membuat anda senang, Yang perlu diperhatikan adalah tidak semua toko online menggunakan top level domain seperti .com, .org dan top level domain lainnya itu adalah toko online jujur dan juga tidak semua toko online dengan domain gratisan seperti blogspot dan wordpress itu adalah penipu, hati-hati dan selalu tetap waspada.

Demikian informasi sederhana mengenai Cara Aman Belanja Online untuk pemula, semoga bermanfaat untuk anda.


0 Komentar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik artikel diatas, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P0RN0GRAFI, 0BAT, H4CK dan JUD! akan dihapus secara otomatis.