Memilih Niche Blog yang tepat untuk Monetisasi Google AdSense - Di internet ternyata banyak sekali peluang untuk menghasilkan uang, salah satunya adalah dengan membuat blog gratisan, mendapatkan uang melalui blog gratisan tentu saja bukan hanya sekedar wacana, banyak para blogger yang telah membuktikannya, bahkan tidak sedikit dari mereka yang rela meninggalkan pekerjaan offline hanya untuk menjadi fulltime blogger, sebenarnya banyak hal yang melatarbelakangi seseorang untuk membuat blog, ada yang hanya sekedar iseng, ada yang hanya ingin berbagi informasi, ada yang hanya sekedar hobi menulis artikel dan ada yang membuat blog dengan tujuan untuk dimonetisasi, serta masih banyak hal lainnya yang melatarbelakangi orang tersebut membuat blog.
Jika tujuan anda membuat blog untuk dimonetisasi artinya blog tersebut kita persiapkan agar bisa menghasilkan uang, sebaiknya anda persiapkan segala sesuatunya dari awal, agar tujuan utama anda membuat blog tersebut bisa tercapai secara maksimal.

TIPS MEMILIH NICHE BLOG YANG COCOK UNTUK ADSENSE

Berikut beberapa tips yang bisa anda pertimbangkan ketika akan membuat blog untuk dimonetisasi khususnya dimonetisasi menggunakan google AdSense:

A. PERHATIKAN NAMA DOMAIN BLOG

Perlu anda ketahui adsense adalah salah satu media periklanan yang paling populer saat ini yang sudah terbukti membayar publishernya dengan sangat baik, untuk menjadi seorang publisher google adsense tentu saja bukan sesuatu yang mudah dan instance, kita diharuskan memiliki blog dan diharuskan mengajukan pendaftaran untuk menjadi publisher,  jika anda membuat blog untuk tujuan monetisasi adsense, sebaiknya perhatikan penamaan domain blog, jangan hanya disebabkan oleh nama  domain anda kesulitan diterima menjadi publisher adsense, aturan kebijakan adsense memang sangat ketat sekali jika saja dalam nama domain yang anda gunakan mengandung kata-kata yang tidak sesuai dengan kebijakan mereka, maka jangan harap anda dan blog atau situs anda akan diterima menjadi publisher adsense.

Lantas seperti apakah nama domain yang dianjurkan?, sebenarnya anda bisa memberikan nama domain apapun terserah sesuai selera anda, namun jika anda hendak memonetisasi blog anda menggunakan adsense, jangan sekali kali memberikan nama domain yang mengandung kata-kata yang dilarang oleh kebijakan adsense, kata-kata yang dilarang dan tidak seusai dengan kebijakan adsense adalah, kata yang mengandung unsur p*rn*grafi, ob*t-ob*atan terl*rang, j*di, h*ck!ng dan kata kata yang satu rumpun dengan itu.

Disarankan ketika kita menentukan nama domain sebaiknya nama domain yang kita buat sebisa mungkin memiliki relevansi dengan niche blog yang akan kita buat, dengan demikian nama domain tersebut akan memberikan sinyal yang kuat kepada mesin pencari mengenai apa yang ada dalam blog tersebut, perlu anda ketahui nama domain adalah salah satu dari google rangking faktor yang sedikitnya punya pengaruh terhadap rangking halaman situs di mata mesin pencari.

B. PILIH NICHE BLOG YANG TEPAT

Niche blog adalah topik yang disajikan didalam artikel blog yang kita buat, dalam menentukan niche blog yang cocok untuk adsense, kita bisa memilih niche blog campuran maupun niche blog yang fokus membahas satu topik saja, kedua-duanya punya kesempatan yang sama dan tidak ada pengaruh yang terlalu signifikan, sebenarnya apapun topiknya bisa kita ambil yang terpenting adalah topik tersebut tidak melanggar kebijakan google adsense, lantas jenis topik seperti apakah yang harus kita pilih yang cocok untuk monetisasi google adsense?

Jika anda bermaksud membuat blog untuk tujuan monetisasi adsense sebaiknya pilih topik blog yang dapat mendatangkan pengunjung dari kalangan yang tidak mengerti tentang google adsenese, tidak mengerti tentang teknologi blogging dan tidak mengerti tentang seo, targetkan pengunjung yang hanya mengerti internet untuk mencari informasi saja, kenapa seperti itu karena jika target pengunjung yang kita bidik adalah orang yang mengerti dunia perbloggingan kebanyakan mereka akan mengurungkan niatnya untuk mengklik iklan yang kita pasang walaupun iklan tersebut membuat mereka penasaran, karena mereka akan menganggap blogger tersebut sebagai pesaingnya, kebanyakan enggan memberikan untuk buat orang lain, akhirnya kita akan kekurangan mendapatkan klik, bukan berarti tidak ada kesempatan namun peluang untuk mendapatkan penghasilan adsense dengan niche blog seperti itu kemungkinan tidak akan banyak.

Topik Blog yang kurang cocok untuk adsense

berikut beberapa blog yang kurang cocok untuk monetisasi adsense:

1. Topik tentang tips blogging.
Pengunjung untuk blog tipe ini sama -sama seorang blogger yang kebanyakan dari mereka paham terhadap adsense.

2. Topik blog yang khusus membahas tentang SEO
Ini Juga sama, tipe pengunjung untuk jenis blog ini datang dari kalangan blogger yang kebanyakan mereka mengerti seluk beluk blogging dan jenis periklanan diinternet.

3. Topik Bisnis online
sama seperti kedua topik diatas, pengunjung blog dengan topik ini datang dari para blogger yang mengerti tentang adsense dan peluang bisnis internet lainnya, kurang cocok untuk dijadikan monetisasi blog.

Jika anda bermaksud menjadikan blog untuk monetisasi sebaiknya jangan memilih topik-topik diatas atau topik-topik yang visitornya mengerti tentang dunia blog dan bisnis online, karena kebanyakan dari mereka sadar klik terutama untuk iklan adsense.

Niche Blog yang cocok untuk adsense

Niche blog yang cocok untuk adsense adalah niche blog yang memungkinkan mendapatkan pengunjung dari kalangan orang awam terhadap dunia blogging dan bisnis online, termasuk seo, peluang klik dari pengunjung seperti itu akan sangat tinggi, mereka akan mengklik iklan yang mereka anggap relevan dengan pencarian mereka atau iklan yang mereka anggap menarik, ini harus kita jadikan peluang yaitu dengan menyajikan blog yang dapat menargetkan pengunjung dari kalangan tidak terlalu paham dunia internet. berikut beberapa topik blog yang cocok untuk monetisasi adsense:

1. Topik Tentang kesehatan
Pengunjung blog dari tipe ini bisa kita bayangkan kebanyakan dari mereka tidak mengerti tentang dunia internet dan bisnis online, sehingga memungkinkan mereka mengklik iklan adsense yang kita pasang akan semakin tinggi.

2. Topik Blog tentang resep Masakan
Topik ini biasanya akan mendatangkan visitor dari orang yang tidak mengerti tentang dunia internet

3. Topik Tentang Review Produk
Topik ini juga sama, kemungkinan besar pengunjung blog tipe ini adalah datang dari orang yang tidak terlalu mengerti mengenai dunia internet dan perbloggingan.

4. Dan topik lainnya yang serupa
 
Sebenarnya apa yang kita dapatkan dari adsense tergantung dari tipe pengunjung jenis niche blog, yang perlu kita perhatikan adalah, sebisa mungkin kita memilih niche blog yang memang banyak diminati, dan juga memilih blog yang bisa menarik pengunjung dari kalangan yang awam terhadap google adsense. dengan demikian kemungkinan kita mendapatkan penghasilan akan lebih baik.

C. PILIHLAH NICHE BLOG BERBAHASA INGGRIS

Jika anda pandai berbahasa inggris dan terbiasa menulis dengan menggunakan bahasa inggris, sebaiknya ketika anda memutuskan untuk membuat blog targetkan pengunjung blog anda adalah dari luar negeri, yaitu dengan membuat artikel dengan menggunakan bahasa inggris, ini akan menjadi keuntungan buat anda dikarenakan nilai CPC google adsense untuk blog berbahasa inggris lebih besar jika dibandingkan dengan blog berbahasa indonesia, anda bisa baca 11 faktor yang mempengaruhi nilai CPC google AdSense.


Demikian yang bisa saya share untuk anda mengenai Tips memilih blog yang cocok untuk monetisasi google adsene. semoga bermanfaat.

15 Komentar

avatar

Wah,.. blog saya masih gado-gado nih gan, apakah ini dapat menyebabkan hasil yang kurang gemilang gan ?

Balas
avatar

Gak juga mas, tergantung rezekinya x :D, yang jelas ya kita cari triknya bagaimana cara jitu agar banyak mendapatkan klik dari ads

Balas
avatar

Ane blog gado-gado dan blog memuat tentang berbagai informasi tidak di terima google adnses 3 kali :D :v

Balas
avatar

Kalau nama domain ada kata "Klik" apakah juga melanggar ???

Balas
avatar

Tidak masalah gan, jika melihat peraturan kebijakan, yang penting tidak mengandung kata-kata dew*sa dll.

Balas
avatar

Terima kasih buat pencerahan nya gan.. jadi lebih ngerti soal adsense..
Sebelum nya udah punya niatan untuk daftar adsense, tapi masih ragu kalau ditolak..soal nya banyak banget aspek yang harus dipenuhi untuk jadi publisher nya google..
Terima kasih untuk artikel nya.. Salam kenal.. :)

Balas
avatar

Ane blog gado-gado bahkan TLD nya nama ane. Tapi diterima GA juga. Sekarang ane baru pindah ke blogspot dan meninggalkan blog berbayar saya. Namun TLD nya tetap saya pakai untuk blogspot. Alhamdulillah meskipun artikel baru sedikit, karena artikel di blog lama sudah dihapus, namun adsense masih tetap jalan dan sedikit demi sedikit dollar nya terus bertambah.

Balas
avatar

cukup menginspiratif artikelnya, paling nggak bisa jadi acuan buat pemula spt saya. thanks mas

Balas
avatar

cara mendaftarkan di adsence nya gimana yahh

Balas
avatar

Mas klau blognya ada ditaruh link downloadnya, seperti daftar aplikasi penghemar kuota android itu bleh gk di daftar adsense

Balas
avatar

Blog download biasanya sangat sulit sekali diterima adsense, karena memiliki potensi menyalahi kebijakan, coba saja daftarkan...siapa tau bisa diterima.

Balas
avatar

kalo untuk artikel berbahasa inggris, niche apa ya yang bagus?

Balas
avatar

mas untuk daftar adsense lebih dianjurkan pake subdomain blogspot atau pake domaian LTD? dan yg punya resiko sensitif di banned yg mana ya?

oh ya mas daftar adsense untuk blog sejak kapan?

Balas
avatar

Kesehatan, asuransi, travel juga bagus, pilih niche yang paling dikuasai biar enjoy

Balas
avatar

Sama saja gan, dua-duanya punya peluang dibanned jika si pengguna kurang hati-hati dan melakukan pelanggaran

Balas

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik artikel diatas, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P0RN0GRAFI, 0BAT, H4CK dan JUD! akan dihapus secara otomatis.