Tips Memaksimalkan Pendapatan Google Adsense - Adsense adalah salah satu media periklanan yang cukup digemari khususnya di indonesia, banyak para blogger yang hanya sekedar memiliki blog gratisan bisa meraup keuntungan dengan menjadi publisher google adsense, untuk dapat bekerjasama dengan google adsense kita diharuskan mendaftar menjadi publisher adsense, syaratnya cukup sederhana, yaitu kita harus memiliki blog, namun untuk diterima menjadi publisher adsense sepertinya bukan perkara mudah, karena team adsense sangat ketat untuk mereview setiap calon publishernya.

Tips Cara meningkatkan pendapatan Google Adsense
Memaksimalkan pendapatan AdSense (image:google.com)

Suatu kebanggaan ketika kita sukses diterima menjadi publisher adsense, langkah berikutnya yang harus dipkirlan oleh kita sebagai publisher adalah meraup keuntungan maksimal, namun tentu saja dengan cara yang dilegalkan oleh pihak google adsense, atau menggunakan cara-cara yang sesuai dengan peraturan google adsense. harapan kita adalah pendapatan yang kita peroleh dari adsense dapat memenuhi kebutuhan kita lebih dari cukup, kita berharap adsense dapat memberikan tambahan penghasilan bahkan menjadi salah satu tulang punggung pendapatan bulanan kita, tentu saja sebisa mungkin berusaha agar setiap bulan bisa mencairkan pendapatan dari adsense tersebut.

Cara Memaksimalkan Pendapatan Google AdSense

Untuk mendapatkan penghasilan bulanan dari adsense sepertinya bukan perkara yang mudah, butuh kerja keras dan ketekunan, karena setidaknya minimal 100$ yang kita dapatkan baru bisa kita cairkan, untuk mendapatkan nilai 100$, maksimal dalam 1 bulan benar-benar perlu usaha, ada beberapa alternatif yang bisa kita coba, agar pendapatan adsense kita lebih cepat mencapai angka yang diinginkan, berikut tips yang bisa kita coba untuk mendapatkan penghasilan adsense secara cepat:

1. Menggunakan Blog berbahasa inggris.

Ketika kita menggunakan blog berbahasa inggris, pengunjung yang kita target adalah pengunjung dari negara-negara benua eropa (amerika, inggris, jepang, korea dll) yang notabene nilai CPC (Cost Per Click) atau biaya perklik untuk setiap iklannya lebih besar dibandingkan dengan negara lokal dan beberapa negara asia seperti indonesia.
Berdasarkan informasi yang didapat nilai CPC dinegara-negara benua eropa bisa mencapai 1$ sampai dengan 10$ untuk tiap kliknya, tergantung dari kata kunci yang kita target.

Untuk mendapatkan klik lebih banyak tentu saja kita harus pintar menjaring visitor atau pengunjung, salah satunya  menarget kata kunci yang tepat, perlu diketahui ketika kita menggunakan blog berbahasa inggris, maka jumlah kompetitor akan semakin banyak, itu dikarenakan bahasa inggris adalah bahasa international, agar dapat bersaing kita harus mampu mendapatkan kata kunci yang memang benar-benar banyak diminati di wilayah eropa namun minim kompetitor, dan juga kita harus mampu menemukan kata kunci atau topik blog yang memiliki nilai CPC paling besar.

Untuk melihat Kata kunci populer atau topik populer disetiap negara terutama eropa untuk blog bahasa inggris, kita bisa memanfaatkan google trends, silahkan baca: cara melakukan riset kata kunci dengan google trends. Sedangkan untuk melihat jumlah pencarian terhadap kata kunci tertentu kita bisa memanfaatkan google adword keyword tool silahkan baca juga: cara riset kata kunci dengan google keyword planner.

Google Adsense tidak secara tegas mempublikasikan nilai CPC untuk tiap iklannya, hanya publisher dan pihak adsense saja yang tau, meskipun begitu berdasakan informasi yang bersumber dari pengalaman para publisher kawakan, ada beberapa niche atau topik bahasan blog yang disinyalir memiliki nilai pendapatan CPC tinggi untuk negara-negara benua erupa yaitu:Wallpaper yang membahas Tato, Desain rumah, Kesehatan, Kecantikan, Desain pernikahan, Bisnis, mobil mewah, politik dan keuangan, kita bisa mencoba memilih beberapa niche untuk artikel yang akan kita terbitkan pada blog bahasa inggris yang kita miliki.

2. Memilih Jenis dan Ukuran Unit Iklan yang tepat

Cara lain untuk memaksimalkan pendapatan google adsense adalah memilih ukuran dan jenis unit iklan yang tepat, Google Adsense menyediakan berbagai jenis dan ukuran iklan yang bisa kita pilih, namun untuk memaksimalkan pendapatan sebaiknya kita harus selektif dalam menentukan unit iklan yang akan kita pakai untuk ditempel pada halaman blog atau situs. bukan hanya itu jumlah iklan dalam setiap halamanpun harus kita batasi, semakin sedikit jumlah iklan yang kita pasang dalam satu halaman itu akan meningkatkan nilai CPC tiap iklan tersebut.

Silahkan baca juga: 10 faktor yang mempengaruhi pendapatan google AdSense.

Untuk mendapatkan nilai CPC lebih baik sebaiknya kita memilih unit iklan berjenis gambar dan juga text, sedangkan untuk ukuran iklan lebih baik memilih unit iklan dengan ukuran dibawah ini:

(300 x 250)
(336 x 280)
(120 x 600)
(728 x 90)

terutama untuk iklan dimensi 300, disinyalir iklan tersebut paling banyak diminati oleh para advertiser atau pengiklan, semakin banyak advertiser dengan menggunakan iklan tersebut, adsense secara bijak akan banyak menampilkan iklan dengan nilai CPC tertinggi, itu kesempatan kita untuk menggunakan unit iklan tersebut.
Sedangkan untuk jumlah iklan lebih baik kita memasang iklan setidaknya maksimal 3 unit dalam setiap halaman, semakin sedikit itu akan semakin meningkatkan nilai CPC untuk tiap unit iklan tersebut.

3. Meletakan iklan pada posisi yang tepat

Ini adalah salah satu teknik yang harus kita gunakan, peletakan iklan yang tepat dapat meningkatkan jumlah klik terhadap unit iklan yang kita pasang pada blog, lantas dimanakah posisi yang terbaik itu, posisi terbaik untuk meletakan unit iklan adalah titik dan posisi pada halaman kita yang banyak menjadi perhatian pengunjung, beberapa alternatif yang bisa kita pakai adalah:

1. Dibawah judul positngan atau diatas atau disamping atas positngan, ukuran 300 x 200

2. Dibawah setelah habis postingan ukuran 336 x 280

3. dibilah samping ukuran 120 600.


Demikian artikel sedehana yang bisa saya share untuk anda tentang Tips Memaksimalkan Pendapatan Adsense, semoga bermanfaat untuk anda.



23 Komentar

avatar

Thank Gan infonya sangat membantu sekali

http://jamutradisionalmujarab.com/

Balas
avatar

Ninggalin Jejak Gan,,kalo Untuk Konten seputar Pendidikan dan Administrasinya,,,, Baik Untuk Adsense gak yah,,maaf masih baru,,;

http://www.dayapesona.com

Balas
avatar

Bagus gan, yang penting jangan konten yang dilarang adsense saja, apapun kontennya jika berpotensi membawa banyak pengunjung itu yang harus kita utamakan.

Balas
avatar

Maaf Komen Anda terpaksa dihapus!

avatar

Sangat membantu sekali :D silahkan mas jika berkenan mengunjungi blog saya juga :D

maskades.blogspot.com

Balas
avatar

berguna sekali,emm tapi bolehkah kita membuat artikel dengan google translite gan? mohon dibalas ya gan mkasih.

mampir ke blog sederhana ane gan hehe http://editingseo.blogspot.com

Balas
avatar

sangat bermanfaat gan, tapi bagaimana jika bermain dengan keyword gan?

http://arahblogg.blogspot.com/

Balas
avatar

yang jelas jangan berusaha mengelabui mesin pencari dengan kata kunci,Tidak masalah gan selama artikel bermanfaat bagi pembaca,

Balas
avatar

pas banget lagi cari nih Memaksimalkan Pendapatan Google Adsense...

Balas
avatar

wah sangat membantu untuk publisher pemula kaya saya :D makasih mas :D bisa berkunjung kapan" ke www.lasida.co terimakasih :D

Balas
avatar

trimakasih mas ilmunya ..semoga segala kebaikan dibalas ALLAH SWT amin

Balas
avatar

Bagus sekali, apakah blog sharing aplikasi juga bagus buat adsense ? tapi aplikasi buatan sendiri.
aplikasibarang.blogspot.com < Terima kasih

Balas
avatar

kalo boleh jurur, blog dengan topik download meskipun, aplikasi yang didownload hasil karya sendiri, sangat sulit untuk ditrima, kadang mudah untuk dicurigai sebagai tindakan pelanggaran copyright, sehingga tidak sesuai dengan kebijakan, tapi mas bisa coba daftarkan siapa tau beruntung.

Balas
avatar

CPC adsense saat ini sudah berada pada angka yang sangat payah. CPC saya hanya bisa menyentuh angka0,03 saja perklik

Balas
avatar

Memang adsense kadang pasang surut gan, terkadang cpc lumayan terkadang kecil. semoga saja semakin membaik.

Balas
avatar

bagus ulasannya mas buat pemain baru adsense, untuk topik kesehatan masih jadi niche yang bagus ga ya?

Balas
avatar

Sepertinya mas admin, kesehatan otomotiv kabarnya CPCnya lumayan untuk indonesia

Balas
avatar

Kalau cara pertama sih,saya enggan untuk menerapkannya.Karena bahasa Inggris saya yang tidak cukup bagus.Tapi untuk tips 2 dan 3 sudah saya terapkan.

Balas
avatar

sayangnya mempunyai kendala bhs inggris.. nice post gan..

Balas
avatar

Kalau cara kita seting untuk pembayaran per klik atau pilih pembayaran per tayang gimana? mohon bantuannya

Balas
avatar

Mantap sekali penjelasan nya. Kalau di pikir pikir menjadi buruh adsense itu harus lebih greget. Bermanfaat sekali artikel nya. Tetang memaksimalkan adsense. www.kalautau.com

Balas
avatar

Rpm di blog saya sy tulisannya 4jt sekian dan BPK sekitar 3 jt sekian ,padahal jumlah tayangnya 39 sy lihat di today so far ..artinya apa ya gan, trus iklan 36 kali ,minta penjelasannya gan ..msh baru
Www.chefjaket.blogspot.com tq

Balas

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik artikel diatas, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P0RN0GRAFI, 0BAT, H4CK dan JUD! akan dihapus secara otomatis.